Peringatan Hari Ibu Bentuk Penghargaan Dan Apresiasi Perjuangan Perempuan Indonesia Dari Masa Ke Masa

SIAK SRI INDRAPURA (Surya24.com) - Pemerintah Daerah Kabupaten Siak, menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Ibu ke-94 dan Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke-74 Tahun 2022, di Halaman Kantor Bupati Siak, Senin (19/12/22).

Bertindak selaku Inspektur Upacara Wakil Bupati Siak Husni Merza, dengan Perwira Upacara Ketua TP PKK Kecamatan Lubuk Dalam T. Yuliana Fadillah, dan Komandan Upacara Ketua TP PKK Kecamatan Siak Putri Indriyanti.

Wakil Bupati Siak Husni Merza, dalam amanatnya membacakan sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia I Gusti Ayu Bintang Darmawati menyampaikan, Peringatan Hari Ibu yang selalu diperingati merupakan bentuk penghargaan dan apresiasi kita kepada perjuangan perempuan Indonesia dari masa ke masa.

"Sejak Kongres Perempuan Pertama di tahun 1928 yang menjadi tonggak perjuangan adalah perempuan Indonesia. Perempuan Indonesia sudah sangat berperan dalam derap pembangunan di Indonesia," sebutnya.

Untuk itu, melalui Peringatan Hari Ibu ke-94 ini, Menteri Gusti Ayu berharap perempuan-perempuan Indonesia di generasi masa kini dalam segala aktifitasnya. Tidak melupakan makna dari perjuangan perempuan Indonesia di masa yang lalu, khususnya perempuan generasi milenial.

"Ayo, masa ini adalah milik kalian, mari warnai Peringatan Hari Ibu dengan peran dan karya nyata anda semua bagi Indonesia tercinta," sebutnya.

Selanjutnya, dalam membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia, Wabup Husni menyebutkan seluruh warga Negara harus memiliki semangat, kesadaran dan kemampuan Bela Negara.

"Kita harus mempunyai daya tangkal dan ketangguhan dalam menghadapi situasi yang semakin berkembang pesat, dan kompleks di segala bidang. Oleh karena itu, kita harus terus membangun sumber daya manusia yang unggul, produktif, inovatif dan berdaya saing, serta memiliki kesadaran Bela Negara," ucapnya.

Dengan demikian, lanjutnya, pada peringatan Hari Bela Negara ke-74 ini Presiden mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menunaikan tugas dan tanggung jawab. Sesuai dengan peran dan profesi masing-masing, untuk ikut serta dalam Bela Negara.

"Jadikan hari ini sebagai momentum bagi kita semua untuk semakin meningkatkan kesadaran, semangat, serta kewajiban dalam membela Negara, membangun bangsa. Dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, dilakukan penyerahan piala dan penghargaan oleh Wakil Bupati Siak kepada Pemenang Lomba Kampung Binaan Program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera Tingkat Kabupaten Siak, diantaranya Juara I Kampung Dayang Suri Kecamatan Bungaraya dengan Kepala Kampung Marimin, Juara II Kampung Merempan Barat Kecamatan Tualang Kepala Kampung M Aljufri, dan Juara III Kampung Merempan Hulu Kecamatan Siak, Kepala Kampung Sumarlan.

Selanjutnya, penyerahan piala dan juga penghargaan kepada Juara PKK KB Kesehatan Tingkat Kabupaten Siak, dimana Juara I diraih oleh Kampung Tualang Kecamatan Tualang penerima Dewi Sumira, Juara II Kampung Sri Gading Kecamatan Lubuk Dalam diterima oleh Endang Sulastri, dan Juara III Kampung Sengkemang Kecamatan Koto Gasib penerima Nur Asiah.(rls)