Tanggul Jebol, Bantauan Baru Banjir, Ini Persoalannya

ROHIL (Surya24.com) - Jebolnya tanggul air milik PT.DRT (Diamond Raya Timber) di Kecamatan Baru Hampar Rohil mengakibatkan banjir sejak beberapa waktu lalu. Kondisi ini berlanjut hingga Selasa, (20/12/2022) hari ini.

Akibatnya jalan dan rumah warga di genangi air, warga memilih untuk mengungsi guna mencari tempat yang lebih aman akibat dampak hebolnya tanggul air milik PT. Diamond Raya Timber ini.

Daerah yang terbilang paling parah digenangi air adalah Dusun Karya Bakti, Bantaian Baru. Disini banjir besar terjadi sehingga banyak kolam ternak budidaya ikan milik warga  jebol dan merugi karena ikan budidaya kolam mereka lepas akibat banjir ini.

Masyarakat Dusun Karya Bakti, Bantaian Baru saat ini menyebutkan kondisinya air mencampai paras setinggi dada orang dewasa, tepatnya Jalan 5 dan Jalan 7 Bantaian Baru.

Warga khawatir karena banjir dan melihat  munculnya buaya dan habitat binatang berbisa lainya sehingga petani sawit takut memanen sawit dan memilih mengungsi mencari tempat aman dari ancaman banjir.

Menurut, Suwardi, warga setempat, Selasa (20/12/2022) banjir ini disebabkan jebolnya tanggul milik PT.Diamon Raya Timber dan curah hujan yang cukup tinggi sejak beberapa hari lalu.

" Tanggul jebol sehingga, air meluber, akibatnya banjir di Bantaian Baru dan Bantaian induk, " aku Suwardi kepada media ini.

Warga setempat berharap pihak Perusahaan turun tangan mengatasi persoalan banjir dan simpati dengan kondisi warga yang mulai memprihatinkan akibat kediaman mereka di genangi air darat berwarga coklat kehitam-hitaman ini. Warga juga mulai diserang penyakit gatal-gatal eksim atau penyakit kulit. (HY)