Sulap Jelantah Jadi Bibit, PT KPI RU Dumai Tanam 1.000 Pohon Tabebuya dan Meranti

DUMAI (Surya24.com) - Setelah program Sedekah Jelantah diluncurkan pada tengah tahun 2022 lalu, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit (RU) Dumai kini menggelar kegiatan gotong royong penanaman 1.000 bibit pohon Tabebuya dan Meranti sebagai bagian dari realisasi program tersebut. Kegiatan tersebut berpusat di Jl. Arifin Ahmad, Kelurahan Palintung, dan digelar hari Kamis (12/01).

Program sedekah jelantah sendiri merupakan upaya PT KPI RU Dumai dalam membiasakan masyarakat untuk mengumpulkan limbah jelantah yang dihasilkan dari kegiatan domestik, alih-alih membuangnya karena dapat menyebabkan pencemaran dan menurunkan kualitas lingkungan. Setiap satu kilogram jelantah dapat ditukarkan untuk satu bibit pohon tabebuya. Selain berkontribusi dalam upaya penghijauan Kota Dumai bersama PT KPI RU Dumai, masyarakat juga mendapatkan voucher doorprize per satu kilogram jelantah yang disalurkan. Setidaknya, ada 16 jenis hadiah yang berhasil didapatkan oleh 30 donatur jelantah pada akhir periode, yaitu pada Selasa, 27 Desember 2022.

Dalam aksi tanam pohon tersebut, PT KPI RU Dumai mengundang puluhan masyarakat untuk terlibat. Mulai dari Lurah, LPMK, Karang Taruna dan sebagian masyarakat yang tinggal di sekitar bahu jalan, hingga Lurah se-Kecamatan Medang Kampai.

Area Manager Communication, Relations, & CSR RU II, Nurhidayanto, berharap partisipasi masyarakat dapat terus meningkat setiap tahunnya. Tidak hanya dalam mengumpulkan minyak jelantah, namun juga partisipasi dalam kegiatan aksi penanaman pohon di sepanjang jalan.

“Selain menambah estetika dan keindahan jalan, penanaman bibit pohon ini juga bertujuan untuk meningkatkan serapan karbon guna mengatasi perubahan iklim global,” terang Nurhidayanto.

Camat Medang Kampai, Indra Gunawan manyambut inisiatif RU II Dumai dengan penuh syukur, karena perusahaan telah berkontribusi dalam mendukung program Walikota, yaitu Dumai Berkhidmat untuk mewujudkan Dumai sebagai Kota IDAMAN (Indah, damai dan nyaman), khususnya di bidang lingkungan melalui program penghijauan.

Selain Kecamatan Medang Kampai, PT RU Dumai juga telah melakukan penanaman 1.000 bibit pohon lainnya untuk penghijauan di tengah Kota Dumai pada tahun 2022, tepatnya dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

“Kami berharap program sedekah jelantah dapat membiasakan masyarakat untuk mengelola minyak jelantah, yang nantinya akan sangat mendukung inisiasi green refinery melalui produk-produk ramah lingkungan seperti bio-disel. Sehingga, program tersebut dapat menciptakan nilai tambah baik bagi perusahaan, masyarakat, maupun lingkungan,” tutup Nurhidayanto.(PT KPI RU Dumai)


Tulis Komentar