Waspadai Ini 10 Hal yang Menyebabkan Munculnya Sakit Gigi Secara Tiba-Tiba

Ilustrasi sakit gigi.( shutterstock)

JAKARTA (SURYA24.COM) - Pernahkah kamu merasa munculnya sait gigi yang mendadak dan menusuk secara tiba-tiba? Hal ini sesungguhnya bukan hal yang aneh dan biasa dialami oleh banyak orang dewasa.

Munculnya sakit gigi secara mendadak ini bisa sangat mengganggumu dalam beraktivitas. Tak jarang, rasa sakit yang menusuk ini terasa bahkan hingga membuat sakit kepala.

Rasa sakit yang terjadi ini bahkan bisa muncul pada gigi, gusi, atau pada tulang rahang. Terdapat sejumlah hal yang bisa menyebabkan munculnya rasa sakit ini.

Dua hal yang paling mungkin menyebabkan rasa sakit mengganggu ini adalah gigi sensitif, gigi retak, atau infeksi. Pada sebagian besar kasus, masalah ini bisa diatasi dengan sangat mudah.

Dikutip dari merdeka.com, kondisi munculnya sakit gigi secara tiba-tiba ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Dilansir dari Healthline, berikut sejumlah hal yang bisa menyebabkan munculnya sakit gigi secara tiba-tiba.

Terpapar Panas dan Dingin

 

Gigi sensitif disebabkan oleh email gigi yang memudar atau terbukanya saraf di gigi. Ketika kamu mengonsumsi makanan atau minuman dengan suhu yang terlalu dingin atau panas, kamu mungkin mengalami rasa sakit yang tiba-tiba dan menusuk.

Resesi Gusi

Gusi merupakan bagian jaringan pink yang menutupi tulang dan mengelilingi akar gigi. Gusi bertujuan untuk melindungi ujung saraf gigi. Seiring bertambahnya usia, jaringan gusi kerap memudar sehingga menyebabkan resesi gusi.

Erosi Dentin

Diperkirakan setidaknya 12 persen orang mengalami hipersensitivitas dentin yang menyebabkan rasa tak nyaman ketika makan. Hal ini bisa terjadi karena konsumsi makanan asam, menyikat gigi terlalu keras, serta sejumlah faktor lain.

Hal ini menyebabkan email yang melindungi gigi menjadi luntur dan tidak terganti. Kondisi ini bisa menyebabkan munculnya rasa sakit yang menusuk ketika kamu menggigit makanan tertentu.

Gigi Berlubang

Gigi berlubang merupakan penyebab munculnya rasa sakit yang menusuk di gigi. Hal ini bisa terjadi bagi bagian samping atau atas email gigi tanpa disadari sebelumnya. Ketika masalah ini sudah mengalami infeksi, kamu bakal merasa munculnya rasa sakit di gigi.

Infeksi Gusi

 

Penyakit gusi merupakan sebuah hal yang jarang disadari oleh banyak orang walau mereka mengalaminya. Kondisi ini bisa dikenali dengan munculnya rasa sensitif baik di gigi maupun gusi.

Gigi Retak

Kondisi gigi yang retak merupakan salah satu penyebab utama terjadinya sakit gigi dan sensitivitas. Pada beberapa kasus, rasa sakit ini bisa sangat kecil sehingga sangat sulit terlihat.

Infeksi Sinus

Salah satu gejala dari infeksi sinus adalah rasa sakit di gigi dan rangan. Ketika sinus mengalami peradangan dan dipenuhi tekanan dari infeksi bisa menyebabkan masalah pada ujung saraf di gigi.

Menggertakkan Gigi

Menggertakkan gigi dan rahang bisa menyebabkan sensitifitas gigi kronis karena memudarnya email di gigi. Kondisi stres yang hebat atau tidur tidak nyenyak bisa meningkatkan kebiasaan ini tanpa kamu sadari sehingga menyebabkan munculnya rasa sakit ini.

Baru Menjalani Perawatan Gigi

Proses tambal gigi atau perawatan lainnya bisa secara sementara menyebabkan ujung saraf menjadi lebih sensitif. Rasa sensitif yang muncul usai menambal gigi bisa terjadi dan terasa hingga dua minggu.

Produk Pemutih Gigi

Menggunakan produk pemutih gigi bisa membuatmu lebih berisiko mengalami gigi sensitif. Rasa sakit yang muncul akibat produk pemutih gigi ini biasanya hanya sementara dan bakal berhenti ketika kamu tidak menggunakannya.

Ketika kondisi gigi sensitif ini muncul secara tiba-tiba tanpa pernah kamu sadari, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Mengatasinya secepat mungkin bisa membantu menghindari masalah lebih berat yang akan terjadi.***