Wabup Siak Sebut Perencanaan Proses Sangat Penting Sebagai Langkah Awal Pembangunan

DUMAI (Surya24.com) - Wakil Bupati Siak Husni Merza membuka kegiatan Bimbingan Teknis Perencanaan dan Penyusunan melalui Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Siak, bertempat di Aula Utama Hotel Winaria, Jl.Dr Soetomo, Siak Sri Indrapura, Rabu (15/2/2023).

Bimtek Perencanaan dan Penyusunan melalui Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) ini, bertujuan untuk meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) perencana. Dan peningkatan kualitas penyusunan dokumen perencana pembangunan daerah di masing-masing OPD.

Dalam arahannya, Wakil Bupati Siak Husni Merza menyampaikan perencanaan merupakan proses yang sangat penting, yang menjadi langkah awal dari pembangunan. Semua program
pembangunan berawal dari sebuah
perencanaan, termasuk program
pembangunan daerah.

Menurut Husni, kualitas perencanaan akan mempengaruhi tahapan pembangunan, berikut hasilnya. Perencanaan yang baik dapat dipastikan akan menghasilkan program kegiatan yang dapat dilaksanakan dengan baik, lancar, tepat sasaran dan tercapainya target yang telah ditetapkan.

Akan tetapi, lanjutnya, apabila program kegiatan berawal dari perencanaan yang buruk, tentu akan berdampak buruk pula terhadap pencapaian tujuan program kegiatan dimaksud. Dan bisa jadi akan menimbulkan banyak resiko kepada SDM dan Perangkat Daerah, yang menjalankan program kegiatan tersebut.

"Untuk itu, kami mengingatkan kepada kita semua agar perencanaan pembangunan daerah harus disusun dengan baik, teliti serta wajib disesuaikan dengan isu-isu perspektif untuk mencapai visi dan misi Kepala Daerah," sebutnya.

Husni menambahkan, setiap perencanaan harus memiliki indikator kinerja yang terukur, sehingga mempermudah dalam pencapaian tujuan pembangunan dan pelayanan publik, meskipun dengan dana yang terbatas. Dengan keterbatasan dana yang tersedia maka dituntut kecermatan dalam alokasi anggaran.

"Sehingga setiap rupiah yang digunakan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) berjalan tepat sasaran, dan dapat dimanfaatkan sesuai kebutuhan pembangunan daerah," ujarnya.

Lebih lanjut Husni menambahkan, bagi Pemerintah Kabupaten Siak peran petugas perencana dan penyusun anggaran sangat penting. Oleh karena itu, melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah, pemerintah menyelenggarakan Bimtek ini untuk peningkatan kompetensi dan kualitas penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah.

Setelah mengikuti Bimtek ini, sambungnya, peserta diharapkan memiliki kompetensi terkait penyusunan program dan anggaran tahunan, sehingga mempu mengolah data, menyusun program tahunan, serta menyinkronkan usulan program dengan program lainnya.

"Kami mengajak saudara-saudara yang telah diamanahkan jabatan sebagai SDM yang diberikan tanggungjawab dalam hal perencanaan dan penyusunan anggaran di Perangkat Daerah masing-masing, untuk mengikuti kegiatan ini dengan baik sampai dengan selesai. Karena manfaatnya bukan saja untuk pengembangan kompetensi individu saudara, akan tetapi jauh lebih besar daripada itu, yaitu untuk peningkatan kualitas pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat kabupaten Siak," pungkasnya.

Peserta pada Bimtek terdiri dari 60 orang peserta yang diantaranya merupakan Kasubag Perencanaan atau Perencana Ahli Muda dan Pejabat lain yang diberikan wewenang dalam hal perencanaan dan penyusunan anggaran pada masing-masing perangkat daerah.(rls)