Lonjakan Harga Pangan Saat Ramadhan Ini Kata Menkeu Sri Mulyani, Emak-emak Wajib Tahu

(Dok:Net)

JAKARTA (SURYA24.COM)  -- Menteri Keuangan Sri Mulyani mewanti-wanti lonjakan permintaan saat Ramadhan dan Idulfitri sehingga membuat harga pangan melambung. 

     "Hari besar nasional juga menjadi perhatian (utamanya Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri) karena pada saat ini terjadi lonjakan permintaan yang sangat tinggi," katanya seperti dikutip dari akun Instagram pribadinya @smindrawati, Senin (21/2).

  Oleh karena itu,  seperti ditulis cnnindonesia.com, ia menyebut dukungan fiskal melalui APBN terus dijaga. Sri Mulyani mengklaim dana sebesar Rp104,2 triliun disalurkan melalui beragam kementerian/lembaga untuk menjaga ketahanan pangan.

  Selain itu, akselerasi implementasi lumbung pangan, perluasan kerja sama antar daerah, serta pengelolaan data ketersediaan pangan menjadi beberapa langkah pemerintah untuk menjaga ketersediaan pangan.

  Bendahara negara itu juga mengatakan selain anggaran ketahanan pangan, APBN juga dialokasikan dalam bentuk anggaran perlindungan sosial, anggaran subsidi dan kompensasi energi, dan infrastruktur.

    Menurutnya, seluruh alokasi ini untuk menunjang upaya pengendalian inflasi.

 

     "Ini semua merupakan harmonisasi kerja sama antara Kementerian Keuangan dan beragam lembaga dan koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan lain dalam upaya menangani inflasi di Indonesia akan terus menerus dilakukan," imbuh Sri Mulyani.

    Ia menuturkan di tengah masa penuh turbulensi beberapa tahun ke belakang ini, inflasi terjadi di banyak negara di dunia. Bahkan, di beberapa negara tingkat inflasinya menyentuh angka 50 persen.

  Sementara, di Indonesia sendiri inflasi 2022 tercatat terjaga lebih rendah dari perkiraan, yaitu pada level 5,51 persen yoy. Angka ini lebih rendah dari forecast konsensus yang berada pada angka 6,5 persen pasca penyesuaian harga BBM.

  "Hal tersebut menjadi diskusi kami Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP) pada High-Level Meeting kemarin (20/02) di kantor Kemenko Perekonomian," kata Sri Mulyani.

  Adapun pada 2023 ini, tingkat inflasi RI targetkan berada pada level 3 persen (± 1 persen), sementara gap inflasi volatile food ditargetkan berada pada rentang 3-5 persen.***