Dua Peristiwa Mengerikan Manusia verus Binatang Ini 2 Warga Buton Utara Tewas Diterkam Buaya dan Gegara Lakukan Ini Nenek di Jambi Lolos dari Maut, Apa Itu

(Foto: Tangkapan Layar )

JAKARTA (SURYA24.COM) – Dua kejadian mengerikan antara manusia versus buaya terjadi dua wilayah daerah berbeda di Indonesia. Peristiwa pertama mengerikan terjadi di Desa Lambale, Kecamatan Kulisusu, Kabupaten Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara (Sultra). Dua warga desa setempa tewas diterkam buaya . Jenasah dua warga tersebut berhasil dievakuasi oleh tim SAR gabungan, Minggu siang (26/3/2023), setelah sehari sebelumnya dinyatakan hilang usai diterkam. Warga sempat merekam detik-detik evakuasi jasad korban yang tewas diterkam buaya. 

Korban ini diketahui bernama La Dupa (20) dan berhasil dievakuasi tim SAR gabungan di sungai desa tersebut setelah sehari sebelumnya dinyatakan hilang usai diterkam buaya saat beraktivitas di kali tersebut. “Jasad korban ditemukan sudah mengapung di aliran sungai,” ujar Danpos SAR Baubau, Susandi Padli seperti dilansir sindonews.com.

 Sebelumnya, satu korban lainnya, Izimu (60) juga berhasil dievakuasi oleh tim SAR gabungan Minggu dini hari (26/3/2023).

 Menurut warga, keduanya warga ini adalah korban terkaman buaya yang sempat dinyatakan hilang Sabtu sore (25/3/2023). “Warga sempat melihat kedua korban ini saat diterkam buaya ketika beraktivitas di aliran Sungai Lambale, usai diterkam warga sempat melakukan pencarian dengan alat seadanya,” katanya.

Pencairan kembali dilakukan minggu pagi oleh tim SAR gabungan hingga akhirnya jenazah kedua korban berhasil ditemukan. Setelah dievakuasi kedua jasad korban telah di serahkan ke keluarga untuk di makamkan. Warga juga diminta untuk berhati-hati ketika beraktivitas di Sungai Lambale untuk mengantisipasi serangan buaya. Pasalnya, buaya yang menerkam warga tersebut belum ditemukan dan masih berkeliaran di seputar sungai. 

Tendang Kepala Buaya 

Sementara peristiwa kedua, dikabarkan seorang nenek , warga Parit 03, RT 20, Desa Siau Salam, Kecamatan Muara Sabak Timur, Kabupaten Tanjungjabung (Tanjab) Timur, Jambi lolos dari terkaman buaya . Korban bernama Nurung (61) itu, lolos dari maut usai nekad menyepak kepala buaya yang berhasil menerkam kaki kanannya saat hendak mandi, Minggu (26/3/2023).

 Akibat kejadian tersebut, korban mengalami luka robek pada bagian kaki kanan dan luka bekas cakaran di kaki sebelah kiri. Kini, korban hanya terbaring lemas di rumahnya. Sedangkan luka robek kaki kanannya harus mendapatkan 76 jahitan oleh tim medis setempat.

 "Saat ini, korban sudah mendapatkan pertolongan medis dari petugas medis Desa Siau Dalam sebanyak 3 orang," ungkap Kapolsek Muara Sabak Timur, Iptu Chandra Adinata, seperti dilansir sindonews.com, Minggu (26/3/2023). 

Dia menjelaskan, korban diserang buaya pada Minggu pagi sekitar pukul 06.30 WIB saat hendak mandi di parit primer (sungai) yang jaraknya lebih kurang 10 meter dari kediamannya. 

"Korban hendak mandi di tepi sungai, tiba-tiba muncul seekor buaya dan langsung menggigit kaki kanan korban. Saat kejadian air sungai dalam kondisi pasang," ujar Kapolsek. 

Saat kejadian, korban sempat diseret masuk ke dasar sungai oleh buaya, namun secara spontan korban berhasil menendang bagian kepala buaya menggunakan kaki kirinya sebanyak satu kali. Beruntung, buaya yang menggigit kaki korban langsung melepaskannya. Selanjutnya, korban berteriak histeris meminta tolong. Warga sekitar yang mendengar teriakannya langsung berhamburan ke sumber suara. 

"Warga yang mendengar teriakan korban langsung datang untuk membantu," pungkas Chandra. ***