Waduh Warganet Curigai Raffi Ahmad Terseret Kasus Gratifikasi Rafael Alun Trisambodo, Hotman Paris Buka Suara: Begini Penjelasan KPK

Ilustrasi (dok:net)

JAKARTA (SURYA24.COM)- Sapa tak kenal Raffi Ahmad? Dia  adalah seorang presenter, aktor, dan pengusaha asal Indonesia. Ia lahir pada 17 Februari 1987 di Jakarta. Raffi Ahmad dikenal sebagai salah satu presenter terbaik di Indonesia, serta memiliki kepiawaian dalam berakting dan menjadi seorang pengusaha yang sukses.

Karir Raffi Ahmad di dunia hiburan dimulai pada tahun 2003 ketika ia mengikuti ajang pencarian bakat di salah satu stasiun televisi swasta. Dalam ajang tersebut, Raffi Ahmad berhasil meraih juara ketiga dan mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia. Setelah itu, Raffi Ahmad mulai sering tampil di acara televisi sebagai presenter dan juga aktor.

Pada tahun 2007, Raffi Ahmad mendirikan rumah produksi bernama Rafathar Films. Rumah produksi ini fokus pada produksi film dan program televisi. Beberapa film yang diproduksi oleh Rafathar Films antara lain "Love in Perth", "Cinta di Saku Celana", dan "Pacar Hantu Perawan".

Selain menjadi presenter dan aktor, Raffi Ahmad juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial. Ia sering kali terlibat dalam kegiatan amal seperti penggalangan dana untuk anak-anak yatim piatu dan korban bencana alam. Ia juga terlibat dalam kegiatan kampanye untuk kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan hidup.

Pada tahun 2017, Raffi Ahmad meraih penghargaan sebagai "The Most Influential Entertainer" dalam ajang Indonesian Choice Awards. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap kontribusi Raffi Ahmad di dunia hiburan Indonesia.

Raffi Ahmad juga terkenal dengan kisah cintanya yang selalu menjadi perbincangan publik. Ia menikah dengan Nagita Slavina pada tahun 2014 dan memiliki seorang anak laki-laki yang diberi nama Rafathar Malik Ahmad.

Meskipun sering kali mendapatkan kritik dari beberapa pihak, Raffi Ahmad tetap berhasil mempertahankan popularitasnya di dunia hiburan Indonesia. Ia terus aktif dalam berbagai kegiatan dan memiliki banyak penggemar setia yang selalu mendukungnya. Dengan segala prestasi dan kontribusinya di dunia hiburan, Raffi Ahmad menjadi salah satu figur publik yang patut diacungi jempol.

Dicurigai Warganet?

Belakangan isu tak sedap menerpa presenter papa atas ini. Terseretnya nama Raffi Ahmad dalam pusaran kasus harta janggal Rafael Alun Trisambodo, membuat pengacara kondang Horman Paris Hutapea buka suara.

Raffi Ahmad dicurigai warganet sebagai sosok artis R yang disebut-sebut terlibat dalam kasus Gratifikasi Rafael Alun Trisambodo.

Horman Paris mengaku, telah menghubungi Raffi Ahmad saat mengetahui nama sahabat itu dikait-kaitkan dengan Rafael Alun Trisambodo.

"Beredar berita viral seolah-olah kasus pajak Rafael ada hubungan bisnis dengan sahabat saya Raffi Ahmad, saya barusan telpon Raffi Ahmad," kata Hotman Paris lewat unggahan video di akun Instagramnya, dikutip Kilat.com Sabtu (1/4)

Hotman menepis, bahwa Raffi Ahmad bukan sosok artis R yang dimaksud. Hal tersebut dia pastikan setelah melakukan konfirmasi langsung kepada suami Nagita Slavina tersebut.

 

"Raffi Ahmad tidak mengenal Rafael, tidak ada hubungannya sama sekali. Di berita-berita viral yang inisial R seolah itu punya bisnis dengan Rafael, itu tidak benar, itu bukan Raffi Ahmad," tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, Sekretaris Pendiri Indonesia Audit Watch (IAW), Iskandar Sitorus mengungkapkan adanya sosok artis R yang terlibat kasus dugaan Gratifikasi Rafael Alun Trisambodo.

"Beberapa aset dari Rafael yang sudah diperiksa, kita sudah disebutkan di dalam. Ternyata Rafael terakses dengan orang kaya baru yang mengendalikan bisnis. Modal dasarnya saja Rp 170-an miliar, lalu bisnis ini angkanya triliun," ujar Iskandar.

Iskandar kemudian membocorkan ciri-ciri artis inisial R tersebut. Selain itu, pihaknya juga telah menyerahkan data-data sosok tersebut ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Kami sudah sampaikan ke KPK," imbuhnya.

Iskandar membeberkan lima ciri-ciri sosok artis inisial R yang diduga terlibat korupsi dengan Rafael Alun Trisambodo.

Lima ciri-ciri artis inisial R menurut keterangan IAW yakni, berinisial R, berienis kelamin laki-laki, tinggal di Jakarta, termasuk ke dalam deretan orang kaya baru, dan sosok R ini sangat dikenal masyarakat.

“Inisialnya orang kaya baru itu R. R tersebut laki-laki, orang kaya baru, di Jakarta tinggalnya, sangat dikenal," beber Iskandar.

Sebagaimana diketahui, Tim Penyidik KPK susah menetapkan Rafael Alun Trisambodo sebagai tersangka kasus korupsi Gratifikasi.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan, Rafael Alun Trisambodo disinyalir korupsi dalam bentuk penerimaan sesuatu atau Gratifikasi.

 

Penetapan tersangka terhadapa Rafael Alun Trisambodo setelah pihaknya menemukan bukti permulaan yang cukup.

"Ada dugaan pidana korupsinya telah kami temukan. Terkait dengan dugaan korupsi penerimaan sesuatu oleh pemeriksa pajak pada Ditjen Pajak Kemenkeu tahun 2011-2023," katanya dikutip Kilat.com Kamis (30/3)

Penjelasan KPK 

Terkait hebohnya artis berinisial “R”  menyusul dugaan  terseret kasus gratifikasi yang dilakukan mantan pejabat Dirjen, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum menerima aduan masyarakat terkait dugaan keterlibatan selebriti berinisial R, dalam kasus dugaan penerimaan gratifikasi yang menjerat mantan pejabat Ditjen Pajak Rafael Alun Trisambodo.

Hal itu disampaikan Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri, seperti dilansir tribunnews.com, Jumat (31/3/2023).

"Sejauh ini, setelah kami cek di bagian persuratan belum ada penerimaan laporan dimaksud."

"Di bagian pengaduan masyarakat maupun PPID Humas juga belum ada," ujar Ali Fikri.

"Barangkali bisa dikonfirmasi kembali kepada pelapor dilaporkan ke KPK via apa," tambahnya.

Ali memastikan KPK menindaklanjuti apabila ada aduan masyarakat terkait dugaan keterlibatan selebriti R di kasus Rafael Alun.

Menurutnya, hal ini merupakan peran serta masyarakat dalam melakukan pemberantasan korupsi.

"Dengan cara melaporkan setiap dugaan korupsi ke pengaduan KPK. Tentu pasti akan tindaklanjuti setelahnya," kata Ali.

 

Sebelumnya, KPK menyatakan bakal mencari tahu sosok selebriti berinisial R yang disebut-sebut berkaitan dengan dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) eks pejabat Ditjen Pajak Kemenkeu Rafael Alun Trisambodo.

"Masih kami dalami apakah inisial R itu siapa. Apakah itu huruf depannya, di tengah, atau di ujung," ucap Direktur Penyidikan KPK Asep Guntur Rahayu, di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis (30/3/2023).

Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Pendiri Indonesian Audit Watch (IAW), Iskandar Sitorus.

Dia mengaku telah menyampaikan data terkait dugaan keterlibatan R tersebut ke KPK.

"Beberapa aset dari Rafael yang sudah diperiksa, kita sudah disebutkan di dalam. Ternyata Rafael terakses dengan orang kaya baru yang mengendalikan bisnis. Modal dasarnya saja Rp170-an miliar, lalu bisnis ini angkanya triliun," kata Iskandar usai menyambangi kantor KPK, baru-baru ini.

skandar kemudian memberi bocoran identitas artis R yang diduga terlibat dalam pencucian uang Rafael Alun tersebut.

Menurutnya, R cukup terkenal dan tinggal di Jakarta. "R tersebut laki-laki. Orang kaya baru. Di Jakarta ini tinggalnya. Dia sangat dikenal," tuturny.

Namun, Iskandar enggan membeberkan lebih lanjut pria berinisial R yang terlibat pencucian uang itu. R disebut juga berhubungan dengan keluarga Rafael Alun.

Rafael Alun kini sudah ditetapkan tersangka oleh KPK. Dia diduga menerima gratifikasi dalam kasus pajak tahun 2011-2023.

Belum ada komentar Rafael Alun soal artis R tersebut. Juga belum buka suara mengenai status tersangkanya.

Rafael Alun diketahui memiliki empat anak. Mereka adalah Angelina Embun Prasasya, Christopher Dhyaksa Dharma, Mario Dandy Satriyo, dan yang keempat tak diketahui identitasnya.

Ia merupakan manajer Rans PIK Basketball yang didirikan oleh perusahaan Raffi Ahmad.

Mengenai artis inisial R yang dikaitkan dengan kliennya, manajer Raffi Ahmad, Prio, membantah.

Ia mengatakan bahwa Raffi tak mungkin terlibat dalam pencucian uang.

"Aku baru tahu kabar itu. Aku enggak tahu, belum pernah dengar apa-apa, untuk sementara enggak ada apa-apa juga. Enggak mungkinlah (Raffi terlibat pencucian uang, Red)," kata Prio kepada awak media, Kamis (30/3/2023).***