Siapa Sangka Adolf Hitler Ternyata Pernah Masuk Nominasi Nobel, Kok Bisa ? Berikut 5 Fakta Lainnya yang Jarang Terungkap

Ilustrasi (Dok:Net)

JAKARTA (SURYA24.COM)- Adolf Hitler adalah seorang politikus Jerman dan pemimpin Partai Nazi yang berkuasa di Jerman dari tahun 1933 hingga 1945. Ia terkenal karena kebijakan-kebijakan anti-Semitisme dan penganiayaan terhadap orang Yahudi selama masa pemerintahannya.

Kebangkitan Nazi dimulai pada tahun 1920-an ketika Jerman sedang mengalami krisis ekonomi dan politik. Partai Nazi awalnya hanya sebuah kelompok kecil yang dipimpin oleh Hitler, namun dengan retorika yang ekstrem dan propaganda yang efektif, partai ini berhasil mendapatkan dukungan dari banyak orang Jerman yang merasa terpinggirkan dan terabaikan oleh pemerintah.

Setelah kemenangan Partai Nazi dalam pemilu tahun 1933, Hitler diangkat sebagai Kanselir Jerman. Ia segera mengambil tindakan untuk memperkuat kekuasaannya, termasuk dengan melarang partai politik lain dan membentuk kepolisian rahasia Gestapo untuk mengawasi dan menindak lawan politiknya.

Selama masa pemerintahannya, Hitler melakukan serangkaian kebijakan yang mengekang kebebasan sipil dan melanggar hak asasi manusia, termasuk penganiayaan terhadap orang Yahudi, orang Romani, orang cacat, dan orang LGBT. Ia juga memulai Perang Dunia II dengan menyerang Polandia pada tahun 1939.

Pada akhirnya, kebijakan dan tindakan Hitler dan rezim Nazi mengakibatkan kematian jutaan orang selama Perang Dunia II, termasuk enam juta orang Yahudi dalam Holocaust. Setelah kekalahan Nazi dalam perang, Hitler bunuh diri pada tahun 1945 ketika pasukan Sekutu mendekati Berlin.

Sebagai sebuah kejadian sejarah yang sangat kontroversial dan berdampak besar, kita harus belajar dari kejadian ini dan memastikan bahwa tidak ada lagi kejadian serupa yang terjadi di masa depan. Kita harus menghargai dan memperjuangkan hak asasi manusia serta menjunjung nilai-nilai perdamaian dan toleransi.

  Dinominasikan  Nobel Perdamaian.

Dianggap sebagai penjahat perang terbesar, sosok pimpinan Nazi, Adolf Hitler, ternyata pernah dinominasikan mendapatkan hadiah Nobel Perdamaian.Express Newspaper

Dikutip dari intisariOnline.com, pernahkah kamu membayangkan sosok Adolf Hitler mendapat nominasi Nobel Perdamaian?

Percaya atau tidak, sosok yang dianggap sebagai salah satu penjahat perang terbesar itu ternyata pernah mendapatkannya.

Adolf Hilter disebut sebagai biang kerok Perang Dunia II. Walau begitu, masih banyak sisi hidup Hitler yang menjadi misteri. Seperti fakta-fakta menarik Adolf Hitler yang jarang terungkap berikut ini.

1. Nyawa Hitler diselamatkan seorang pendeta ketika ia berusia 4 tahun. Surat kabar Jerman mengungkapkan sebuah insiden yang terjadi pada 1884.

Saat itu, seorang anak berusia 4 tahun nyaris tenggelam di sungai Inn, Passau, Jerman. Beruntung dia berhasil diselamatkan seorang pendeta bernama Johann Kuehberger.

2. Saat dipenjara, Hitler sempat menulis surat kepada dealer Mercedes agar dapat mendapat mencicil mobil.

Pada 1924, saat dipenjara atas upayanya merebut kekuasaan di Munich gagal, Hitler ingin memiliki mobil Mercedes dengan model 11/40 namun tidak memiliki uang yang cukup.

Untuk itu, dia mengirim surat kepada Jakob Ferlin agar dapat memiliki mobil tersebut secara kredit. Namun tidak diketahui apakah permohonan tersebut disetujui atau tidak.

3. Ada seorang dokter Yahudi-Austria yang dilindungi Hitler bahkan diberi gelar “Noble Jew”. Seorang dokter Yahudi-Austria lolos dari kamp kematian yang dibuat Hitler atas “amal” yang dia lakukan pada keluarga Hitler.

Eduard Bloch, nama dokter yang juga mendapat gelar “Noble Jew” tersebut dianggap berjasa karena tidak menerima bayaran saat melayani keluarga Hitler yang sedang mengalami kesulitan keuangan.

4. Hitler pernah dinominasikan memenangi penghargaan Nobel Perdamaian pada 1939. Siapa sangka seseorang yang dianggap sebagai pemicu Perang Dunia bahkan dinilai sebagai penjahat perang ternyata pernah dianggap berperan dalam kedamaian dunia.

Hal ini terbukti dinominasikannya Hitler sebagai kandidat pemenang penghargaan Nobel pedamaian.

5. Intelijen Inggris pernah berupaya memberi Hitler hormon estrogen agar keagresifannya berkurang. Dalam upaya menjinakkan keganasan Hitler, sekelompok mata-mata Inggris berupaya memasukan hormon estrogen ke dalam makanan Hitler. Mereka berharap Hitler dapat lebih feminin sehingga tidak melakukan serangan ke Inggris.

Namun, karena setiap makanan yang akan dikonsumsi Hitler harus dicicip pihak keamanan, rencana tersebut dibatalkan. Itulah beberapa fakta menarik Adolf Hitler yang jarang terungkap. (Berbagai sumber).***