Resep Hamburger ala Jepang dan Pangsit Goreng Udang Ayam Bisa Dicoba Bun untuk Bisnis Kuliner Rumahan

Ilustrasi (Dok:Net)

JAKARTA (SURYA24.COM)  -  Banyak cara untuk memanfaatkan waktu luang ke hal-hal positif. Salah satunya melakukan atau menjalankan bisnis kuliner di rumah. Ya, modalnya tidaklah terlalu besar yang terang kamu tidak mengeluarkan biaya ekstra untuk menyewa ruko atau lapak, misalnya. Berikut dua resep yang tidak ada salahnya  kamu coba.

Resep pertama, amburger atau daging burger umumnya terbuat dari daging sapi giling kemudian diberi bumbu-bumbu. Hamburger ala Jepang berikut ini dapat kamu buat dengan bahan daging sapi cincang, tepung roti, bawang bombai, telur, merica hitam, jamur shiitake, lobak, dan kecap asin. 

Dikutip dari kompas.com, Hamburger ala jepang ini dapat dijadikan ide jualan makanan ala kaki lima yang mewah, mudah untuk dibuat. 

Simak resep hamburger ala Jepang untuk ide jualan, dikutip dari buku "Resep Daging Sapi Selezat Restoran Jepang" (2013) karya Dapoer 2 Iboe terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. 

Resep hamburger ala Jepang 

Bahan:

 2 sdm minyak goreng 

1 buah bawang bombai, cincang 

500 gram daging sapi cincang 

50 gram tepung roti 

1 butir telur 

1 sdt garam 

Merica hitam secukupnya 

100 gram jamur shiitake, buang batangnya, iris 

200 gram lobak, parut halus, lalu tiriskan 

1 1/2 sdm soy sauce (kecap asin) 

Cara membuat hamburger ala Jepang: 

1. Panaskan satu sendok makan minyak dalam wajan, lalu tumis bawang bombai hingga lunak tapi jangan sampai kecoklatan, dinginkan. 

2. Tempatkan daging cincang dalam mangkuk dengan tumisan bawang bombai, tepung roti, dan telur. Bumbui dengan garam dan merica.  Uleni dengan tangan hingga tercampur rata. Bagi menjadi empat bagian. 

3. Beri tangan dengan sedikit minyak, lalu ambil satu bagian daging berbumbu, bentuk menjadi seperti burger setebal dua sentimeter. 

4. Panaskan minyak dalam wajan, lalu masukkan burger. Tumis hingga salah satu sisinya berwarna kecoklatan lalu balikkan.  Tempatkan jamur shiitake di wajan di sisi burger, tutup lalu masak di atas api kecil selama empat menit hingga matang, aduk-aduk jamur sesekali. 

5. Sajikan burger dengan lobak dan irisan jamur shiitake. Tuang satu setengah sendok teh kecap asin di tiap burger saat disajikan. 

Pangsit Goreng dengan Kulitnya Kriuk dan Isinya Gurih

Resep kedua yakni pangsit goring. Ya, kulit pangsit dapat dikreasikan menjadi camilan yang gurih dan bernilai jual. Salah satunya dijadikan sebagai kulit pangsit goreng isi udang dan ayam.

Kamu juga bisa menggunakan salah satu protein misalnya udang atau ayam saja. Boleh juga diganti dengan bahan lain seperti crab stick atau tahu putih.

Jika ingin membuat pangsit goreng udang ayam renyah, ikuti resep dari buku "Camilan Gurih Praktis" karya Yeni Ismayani terbitan Gramedia Pustaka Utama berikut.

Resep pangsit goreng udang ayam

Bahan

20 lembar kulit pangsit

Bahan isi pangsit goreng

2 siung bawang putih, haluskan

250 gram udang cincang halus

100 gram ayam giling

2 batang daun bawang

1 buah wortel, potong dadu kecil, rebus sebentar

1 butir telur, kocok lepas

1 sdm tepung sagu

1 sdt minyak wijen

Garam dan merica bubuk secukupnya

Cara membuat pangsit goreng udang ayam

Isi pangsit goreng: campur semua bahan isi. Aduk hingga tercampur rata.

Ambil selembar kulit pangsit. Letakkan satu sendok makan bahan isi di bagian tengah kulit pangsit lalu tarik bagian kulit ke atas hingga berbentuk sebuah pundi.

Ikat dengan tali, lakukan hal yang sama hingga bahan habis. Goreng dalam minyak panas sedang hingga matang dan kering. Angkat dan tiriskan. Nah itu dua resep yang bisa kamu jadikan jualan di rumah. Selamat mencoba.***