Hindari Kebiasaan Ini Kalau Kamu Tidak Ingin Cepat Tua Berikut 5 Kesalahan Menggunakan Face Oil

Ilustrasi (Dok:Net)

JAKARTA (SURYA24.COM)-  Tampil fresh dan awet muda merupakan hal yang banyak didambakan oleh para wanita. Untuk memperoleh kulit sehat nan awet muda, ada rutinitas yang tak boleh kamu lewatkan, yakni rutin mengaplikasikan tabir surya serta mulai menggunakan produk perawatan kulit yang ditujukkan untuk membuat kulit bebas dari penuaan dini, yakni vitamin C dan retinol.

Di sisi lain, menerapkan pola hidup sehat seperti istirahat yang cukup, mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan tubuh dan kulit, serta pandai mengelola stres menjadi kunci lain untuk memperoleh kulit yang sehat dan segar.

Sebab, dikutip dari popbela.com, ada kebiasaan-kebiasaan yang tanpa kamu sadari dapat mempercepat terjadinya penuaan dini. Itulah mengapa hal-hal yang sudah disebutkan di atas penting untuk diaplikasikan.

Lantas, kebiasaan apa yang bisa mempercepat penuaan dini?

1. Tidak mengaplikasikan tabir surya

Mengaplikasikan tabir surya merupakan rutinitas yang tidak boleh kamu sepelekan, Bela. Sebab, tidak hanya melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari, tabir surya juga dapat mencegah terjadinya penuaan dini.

Penting untuk diketahui bahwa paparan sinar matahari ini dapat merusak elastisitas kulit sehingga proses pembentukan kolagen bisa terhambat dan hal ini tentunya dapat menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan dini.

2. Tidak segera mengganti produk yang mengiritasi kulit

Apa yang seharusnya kamu lakukan apabila produk perawatan kulit yang kamu gunakan memberikan efek samping pada kulitmu? Tentu saja, kamu harus segera berhenti menggunakannya dan segera mengganti dengan produk yang baru, bukan?

Sebab, ketika kamu masih terus menggunakan produk tersebut lantaran merasa sayang karena harus dibuang, dampaknya akan terlihat pada kulit. Ya, iritasi kulit bahkan hingga efek terbakar akibat ketidakcocokan terhadap produk perawatan kulit ini diketahui dapat memicu terjadinya penuaan dini.

3. Merokok

Selain berdampak pada kesehatan tubuh, merokok juga ternyata memiliki efek samping pada kesehatan kulit. Ya, merokok dapat mempercepat terjadinya penuaan dini.

Sebab, zat-zat berbahaya yang terkandung dalam rokok ini memicu terhambatnya aliran darah ke area wajah yang mana membuat mudahnya muncul garis-garis halus pada wajah dan membuat wajah menjadi kusam.

4. Mengonsumsi alkohol

Alkohol juga memicu terjadinya percepatan proses penuaan lantaran minuman memabukkan yang satu ini dapat menghambat terjadi proses regenerasi sel pada kulit. Di sisi lain, alkohol juga diketahui dapat merusak jaringan kulit.

 

Apabila kamu tidak ingin mengalami penuaan dini, batasi konsumsi alkoholmu.

5. Begadang

Jangan dianggap sepele, begadang nyatanya berkontribusi terhadap percepatan penuaan dini. 

Sebab, ketika kamu begadang akan banyak hal yang terjadi pada kulitmu, mulai dari kehilangan kelembapan kulit, wajah menjadi kusam, kulit berjerawat, hingga muncul garis hitam di bawah mata.

Begadang ini memicu terjadinya penurunan kadar kolagen yang mana dapat menyebabkan terjadinya penuaan dini.

Kesalahan Ketika Menggunakan Face Oil 

Face oil memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Face oil ini diketahui dapat memperbaiki lapisan kulit yang rusak, menjaga kelembapan kulit, dan memberi kulit nutrisi yang optimal. Namun, manfaat ini tidak akan kamu peroleh apabila kamu menggunakan face oil dengan cara yang tidak tepat.

Sebab, face oil berbeda dengan produk perawatan kulit lainnya. Butuh lebih banyak waktu untuk produk perawatan kulit yang satu ini untuk menyerap ke dalam kulit dengan maksimal. Lantas, kesalahan apa saja yang perlu kamu hindari ketika menggunakan face oil?

1. Menggunakan face oil yang tidak sesuai dengan kondisi kulit

Sama seperti ketika kamu menggunakan produk perawatan kulit lainnya, memilih face oil yang sesuai dengan kondisi kulit juga penting untuk kamu terapkan. Sebab, ketika kamu asal menggunakan face oil, kulit berpotensi mengalami breakout.

Apabila tidak ingin hal ini terjadi kepadamu, pilihlah face oil dengan kandungan yang sesuai dengan kondisi dan permasalahan kulitmu agar manfaatnya bisa kamu peroleh dengan maksimal.

2. Mengaplikasikan face oil ketika kulit tidak lembap

Kulit kering bukan kanvas yang ideal untuk mengaplikasikan face oil. Sebab, ketika kamu mengaplikasikan face oil ketika kulit dalam keadaan kering, maka face oil tidak akan menyerap dengan maksimal.

Untuk penyerapan yang cepat, aplikasikan face oil ketika wajah sudah dalam keadaan lembap. 

3. Membiarkannya menyerap dengan sendirinya

Kulit yang lembap memudahkan penyerapan face oil yang kamu gunakan. Alih-alih membiarkannya begitu saja, kamu bisa memijat wajah perlahan-lahan agar face oil menyerap dengan sempurna. Di sisi lain, memijat wajah juga membuat wajah terasa rileks.

4. Menggunakan terlalu banyak produk skincare sebelumnya

Jika kamu ingin menggunakan face oil, akan lebih baik apabila kamu tidak menggunakan produk skincare terlalu banyak sebelumnya, sebab tekstur face oil ini tergolong cukup berat.

Namun, bukan berarti kamu dilarang menggunakan produk skincare lainnya selain face oil. Alih-alih menggunakan produk perawatan kulit dengan tekstur yang sama-sama berat, kamu bisa pilih produk skincare seperti pelembap dengan tekstur yang ringan.

5. Memakainya terlalu sering

Meskipun face oil memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit, ada hal yang perlu kamu perhatikan sebelum mulai mengaplikasikannya.

Teksturnya yang berat membuat face oil sulit untuk dikombinasikan dengan produk skincare lainnya. Untuk itu, alih-alih mengaplikasikannya setiap kali kamu melakukan rutinitas perawatan kulit, gunakanlah seperlunya saja, terlebih kamu memiliki kulit berminyak.