Akun TikTok Kamu Terkena Shadow Ban? Begini Penyebab dan dan Mengatasinya Berikut 5 Cara Mengatasi Laptop Lemot

Ilustrasi (Dok:Net)

PANTAU JAKARTA – Seperti diketahui shadow banned merupakan tindakan platform TikTok dalam membatasi konten pengguna secara tidak langsung tanpa pemberitahuan jelas kepada pengguna. Saat seseorang mengalami shadow ban, konten yang dibuat tentu tidak akan muncul di halaman For Your Page (FYP) followers-nya dan tidak terlihat pengguna lain dalam hasil pencarian atau fitur eksplorasi.

Mengutip kompas.com, masalah ini biasanya terjadi karena pengguna melanggar Panduan Komunitas TikTok sehingga akun pengguna terkena shadow banned dalam waktu  tertentu. Biasanya akun pengguna akan ditangguhkan selama satu hingga dua minggu. 

Lantas apa penyebab akun TikTok terkena shadow banned dan bagaimana mengatasinya? Selengkapnya berikut ini ulasannya.

Akun TikTok yang terkena shadow banned biasanya karena pengguna telah berulang kali melanggar Panduan Komunitas TikTok. Berikut ini beberapa kemungkinan pelanggaran yang dilakukan: 

Postingan mengandung konten dewasa 

 TikTok melarang pengguna memosting konten terkait pornografi, atau aktivitas seksual lainnya.  Jadi, jika Anda membagikan konten yang eksplisit secara seksual, Anda bisa terkena shadow banned di platform. Dalam beberapa kasus, akun Anda mungkin diblokir secara permanen dari TikTok karena pelanggaran ini.

Mempromosikan tindakan dan tantangan berbahaya 

TikTok sering sekali dijadikan sebagai platform untuk mengundang engagement. Untuk mencari keterlibatan tinggi dari pengguna lain, tak jarang beberapa pengguna melakukan challange menantang dan membahayakan. Hal inilah yang bisa menjadi penyebab TikTok 

Anda terkena shadow banned karena dirasa menormalkan tindakan berbahaya yang mengakibatkan cedera hingga kematian. 

Terlibat dalam intimidasi dan pelecehan 

TikTok bertujuan untuk menciptakan komunitas inklusif yang mempromosikan ekspresi individu. Namun TikTok melarang pengguna membuat konten untuk mempermalukan pengguna lain, intimidasi, atau pelecehan. Konten apa pun yang dianggap kasar, mengancam, atau melecehkan pengguna lain dapat membuat akun Anda berisiko terkena shadow banned. 

Terlibat dalam perilaku kebencian 

Sejalan dengan hal di atas, TikTok tidak menoleransi diskriminasi.  Konten apa pun yang melibatkan perilaku kebencian, berisi ujaran kebencian, atau mempromosikan ideologi kebencian dapat dihapus dari platform. Selain itu, jika Anda terlibat dalam beberapa pelanggaran ujaran kebencian, akun Anda bahkan mengalami pemblokiran. 

Menampilkan kekerasan 

TikTok melarang pengguna menggunakan platform untuk menghasut atau mengancam kekerasan. Demikian pula, konten apa pun yang mempromosikan organisasi, individu, atau tindakan ekstremis kekerasan dianggap sebagai pelanggaran Panduan Komunitas TikTok. Jadi jika konten Anda kebetulan melanggar ketentuan ini, Anda bisa terkena shadow banned. 

Melanggar hak cipta 

Salah satu penyebab paling umum dari shadow ban TikTok adalah pelanggaran hak cipta. Pelanggaran ini biasanya melibatkan postingan konten yang dibuat oleh orang lain atau melanggar hak cipta, merek dagang, hak kekayaan intelektual lainnya. Maka dari itu usahakan untuk tetap membuat karya secara orisinal.

 Terdeteksi aktivitas spam 

Terkadang, bukan hanya konten video Anda yang dapat membuat akun berisiko terkena shadow banned di TikTok. Perilaku atau aktivitas apa pun yang dapat dianggap tidak autentik dan berisi spam juga dapat menyebabkan akun Anda dibatasi. Shadow banned tidak disengaja 

Meskipun Anda merasa tidak melanggar Panduan Komunitas TikTok, akun Anda bisa jadi terkena shadow banned yang tidak disengaja dari algoritme TikTok. Dengan demikian topik atau video tertentu dapat ditandai secara keliru oleh algoritme TikTok dan menyebabkan masalah ini. 

Cara mengatasi shadow banned TikTok 

Terdapat beberapa pilihan untuk mengatasi masalah ini. Berikut ini beberapa yang bisa Anda coba. Menunggu 1-2 minggu Sebagian besar shadow banned TikTok berlangsung selama sekitar dua minggu hingga lebih. 

Anda bisa mencoba berhenti sejenak bermain TikTok dan menunggu pusat untuk memulihkan kembali akun TikTok. Menghapus konten yang melanggar Cek kembali apakah terdapat beberapa konten yang melanggar Panduan Komunitas TikTok. 

Apabila terdapat konten sensitif dan melanggar panduan komunitas, segera untuk menghapus konten tersebut. Bersihkan aplikasi dengan menghapus dan menginstal ulang Jika menghapus video yang menyebabkan masalah belum selesai, 

Anda bisa mencoba langkah lebih lanjut dengan menghapus dan menginstal ulang aplikasi TikTok. Cara ini akan membersihkan data yang tersimpan dalam aplikasi dan memperbarui TikTok agar berfungsi dengan baik kembali. Setelah melakukan langkah ini, biasanya Anda akan mulai mendapatkan akun TikTok seperti biasa. 

Melaporkan bantuan TikTok 

Cobalah untuk memulihkan akun TikTok melalui pusat bantuan. Berikut ini langkah-langkah yang bisa dicoba: Buka akun TikTok Anda Pilih "Pengaturan dan privasi" Pilih "Laporkan masalah" Pilih "Pemulihan akun" atau mengirim laporan dengan klik "Kirim laporan" 

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi shadow banned di TikTok. Panduan Komunitas TikTok selengkapnya bisa Anda simak di tautan berikut ini. 

Lemot Jadi Ngebut

Seperti diketahui laptop menjadi perangkat yang dibutuhkan untuk bekerja secara mobile. Namun jika laptop lemot sering kali akan membuat pekerjaan kita menjadi terhambat.

Ada banyak alasan mengapa laptop menjadi lemot. Mulai dari RAM yang terlalu kecil, terkena virus, prosesor terlalu jadul, dan masih banyak lagi.

Mengutip okezone.com, Tapi jangan khawatir, Okezone Techno akan memberikan lima tips untuk mengatas laptop lemot menjadi ngebut seperti laptop baru. Berikut ulasannya.

1. Pahami Spesifikasi Laptop

Sebaiknya cari tahu dulu spesifikasi laptop kamu punya. Hal ini penting untuk mengetahui apa saja aplikasi yang mendukung dengan spesifikasi laptop.

Jangan memaksakan juga laptop menjalankan aplikasi yang tidak sesuai dengan spesifikasi laptop. Hal ini jelas akan membuat laptop tidak sanggup dan menjadi lemot.

2. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Pastikan kamu mengahapus aplikasi yang tidak digunakan di laptop. Hal ini bertujuan untuk memberikan kapasitas ruang penyimpanan yang lebih besar saat digunakan.

3. Pasang Antivirus

Malware atau virus menjadi salah satu faktor yang membuat laptop menjadi lempot. Oleh sebab itu, sebaiknya pasang antivirus agar laptop kamu aman dari malware.

4. Tambah RAM 

Cara ini cukup ampuh untuk membuat laptop makin ngebut. Misalnya latop kamu punya RAM 4 GB, kamu bisa memberikan RAM tambahan agar performa laptop semakin kecang. Sebelum melukannya, pastikan juga ada slot RAM di laptop kamu.

5. Instal ulang Windows

Cara ini cukup sederhana dan mudah dilakukan kepada laptop yang sudah berusia tua yang memiliki RAM kecil. Sebelum melakukannya pastikan kamu telah melakukan backup data-data penting di dalam laptop.

Jika sudah diinstal ulang pastikan juga untuk tidak menyimpan banyak file dan aplikasi sehingga kinerja laptop tetap bisa menyesuaikan dengan kebutuhan kamu. 

Itu dia lima cara mengatasi laptop lemot agar kembali normal. Jika laptop kembali lemot, tidak ada salahnya membawa laptop ke tempat service center untuk dicek.***