Jarang Terungkap 5 Fitur Rahasia WhatsApp, Apa Saja?

Ilustrasi (Dok:Net)

JAKARTA (SURYA24.COM) -  Dalam era digital saat ini, WhatsApp telah menjadi salah satu aplikasi komunikasi yang paling dominan di seluruh dunia. Diluncurkan pada tahun 2009 oleh Jan Koum dan Brian Acton, WhatsApp menyediakan platform yang memungkinkan pengguna untuk bertukar pesan teks, panggilan suara, video call, serta berbagi berbagai jenis media dengan mudah.

WhatsApp telah sukses menggantikan cara tradisional komunikasi seperti SMS (Short Message Service) dengan menjadi alternatif yang lebih efisien dan murah. Dengan menyediakan layanan pesan instan menggunakan koneksi internet, WhatsApp mengubah cara orang berinteraksi di seluruh dunia.

Satu hal yang membedakan WhatsApp adalah kesederhanaannya. Aplikasi ini dirancang agar mudah digunakan oleh berbagai kalangan usia tanpa perlu keterampilan teknis yang tinggi. Kemampuan untuk mengirim pesan teks, foto, video, dan dokumen dengan cepat dan efisien telah menjadi daya tarik utama bagi pengguna. Selain menyediakan banyak fitur berikut 5 fitur yang perlu kamu coba apa saja itu?

Fitur Rahasia

WhatsApp telah menjadi salah satu alat komunikasi utama dalam kehidupan sehari-hari. Aplikasi perpesanan ini digunakan untuk mengirim pesan teks kepada teman, keluarga, dan rekan kerja. Ini adalah cara yang cepat dan instan untuk berkomunikasi.

Kendati demikian, tulis okezone.com, WhatsApp memiliki beberapa fitur tersembunyi yang mungkin tidak diketahui oleh semua pengguna. Untuk mengakses fitur-fitur tersembunyi ini, Anda perlu mengetahui cara mengaktifkannya. 

Ini dia lima tips mengetahui fitur tersembunyi di WhatsApp yang mungkin belum pengguna ketahui. Simak ulasannya berikut ini.

1. Pesan yang Menghilang

Fitur ini memudahkan pengguna untuk mengirim pesan yang akan hilang secara otomatis setelah jangka waktu tertentu. Mungkin awalnya Anda mengira ini adalah fitur WA GB saja, namun ternyata sekarang WhatsApp Official juga memilikinya.

Dengan mengaktifkan fitur ini di obrolan individu atau grup, Anda bisa masuk ke detail obrolan dan memilih "Menghilangkan Pesan". Pilih waktu yang diinginkan, seperti 5 detik, 1 jam, atau 1 minggu, dan pesan akan hilang setelah waktu yang ditentukan.

2. Menonaktifkan Centang Biru 

Centang biru adalah fitur yang dapat Anda nonaktifkan jika tidak ingin pengirim pesan mengetahui bahwa Anda telah membaca pesan mereka. Buka "Pengaturan" di WhatsApp, pilih "Akun", lalu pilih "Privasi". Di bawah opsi "Baca Tanda Terima", nonaktifkan tombol "Centang Biru".

3. Mode Gelap (Dark Mode) 

Mode gelap dapat mengurangi kecerahan layar dan menjadikan penggunaan WhatsApp di malam hari lebih nyaman. Untuk mengaktifkannya, buka "Pengaturan" dalam aplikasi WhatsApp, pilih "Obrolan", dan pilih "Tampilan".

Di sana, Anda dapat memilih "Mode Gelap" atau "Menurut Pengaturan Baterai" jika Anda ingin mode gelap diaktifkan secara otomatis berdasarkan pengaturan perangkat Anda.

4. Mengubah Ukuran dan Jenis Huruf 

Anda dapat mengubah tampilan teks dalam pesan dengan menekan tombol "*" sebelum dan sesudah kata atau frasa yang ingin dicetak tebal. Tulisan akan menjadi tebal berwarna hitam. Jika Anda ingin mengubahnya menjadi miring, gunakan "_" (garis bawah) dan tambahkan "~" (tilde) untuk menggabungkan kedua gaya tersebut.

5. Menandai Pesan sebagai Penting

Apabila pengguna ingin menyorot pesan tertentu agar lebih mudah ditemukan di kemudian hari, Anda dapat menandainya sebagai pesan penting. Caranya adalah dengan menekan dan menahan pesan yang ingin Anda tandai, lalu pilih ikon "Bintang" di bagian atas layar. Pesan tersebut akan ditandai dengan bintang dan dapat diakses melalui menu "Pesan yang Ditandai".

Itu dia lima tips fitur rahasia di WhatsApp. Semoga bermanfaat.

Kesimpulan

WhatsApp telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari banyak orang di seluruh dunia. Perannya yang sangat penting dalam memfasilitasi komunikasi, baik dalam ranah personal, bisnis, maupun komunitas, telah menjadikannya sebagai salah satu aplikasi komunikasi yang paling berpengaruh dalam era digital. Seiring berjalannya waktu, WhatsApp akan terus bertransformasi untuk memenuhi tuntutan dan kebutuhan masa kini dalam dunia komunikasi yang terus berkembang.***