Kadin Dumai Sukses Jalankan Misi Perdagangan ke Malaysia

DUMAI (Surya24.com) – Program Misi Dagang yang dilakukan oleh Kamar Dagang dan Industri ( KADIN ) Kota Dumai ke Johor Bahru – Malaysia melalui pergelaran Festival Usahawan Nusantara ( FUN ) 2023 di Johor Bahru – Malaysia berhasil meningkatkan perdagangan antara kedua negara Indonesia – Malaysia. 

Ketua Kadin Kota Dumai Zulfan Ismaini mengatakan Potensi perdagangan tersebut diperoleh dari kegiatan Festival Usahawan Nusantara pada 2 – 5 November 2023 di Johor Bahru – Malaysia. 

“ Potensi Perdagangan dipastikan meningkat. Dan nilainya terus bertambah mengingat para pelaku usaha masih menindaklanjuti permintaan dari calon mitra yang telah bertemu diacara Festival Usahawan Nusantara ( FUN ),” jelas Zulfan, Senin (6/11). 

Beberapa produk Indonesia yang dilirik oleh para pelaku usaha Negeri jiran antara lain produk makanan kering olahan, makanan Frozen, produk makanan dan minuman kesehatan, pisang, kelapa, keladi dan beberapa jenis produk lainnya. 

Zulfan menyebutkan terdapat 64 pelaku usaha yang terlibat dalam kegiatan Festival Usahawan Nusantara ( FUN ) 2023 di Johor Bahru – Malaysia dan empat diantaranya pelaku usaha dari Indonesia. Dan untuk peserta dari Indonesia semua standnya difasilitasi Konsulat Jenderal Republik Indonesia yang berada di Johor Bahru. 

Disela sela kegiatan Festival Usahawan Nusantara di Johor Bahru, Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Johor memfasilitasi terlaksananya Business Matching antara pelaku usaha Indonesia dan pelaku usaha Malaysia. 

Hariman salah satu pelaku usaha yang ikut dalam Business Matching menyampaikan terimakasih kepada pihak KJRI Johor yang telah membantu pertemuan bisnis ini. " Tentunya hal ini sangat kami butuhkan sebagai pelaku usaha di Indonesia, ”ujarnya. 

Annora Arsan SE,MH Wakil Ketua Bidang Kemaritiman Kadin Dumai menambahkan kegiatan yang diikuti selama empat hari ini sangat memberikan dampak bagi pengembangan pasar pelaku usaha UMKM yang ada di Dumai. " Ini terbukti dengan adanya beberapa kesepahaman yang mengarah ke kontrak perdagangan antara pelaku usaha Indonesia dan Malaysia, " katanya. 

Hubungan dagang antara Indonesia dan Malaysia sudah lama berlangsung, namun sejak terjadi covid – 19 maka perdagangan menjadi berkurang. Harapan yang besar agar pemerintah selalu melaksanakan event event expo atau memfasilitasi pelaku usaha di Indonesia untuk mengikuti misi dagang diluar negeri seperti yang dilakukan oleh KJRI Johor.***