Bingung Mengusir Nyamuk? Berikut 8 Cara Ampuh Tanpa Ribet

Ilustrasi (Dok:Net)

JAKARTA (SURYA24.COM)– Nyamuk, serangga kecil yang sering dianggap sebagai hama, memiliki peran yang cukup signifikan dalam ekosistem. Meskipun keberadaannya sering kali dianggap mengganggu dan sering kali menjadi pembawa penyakit, kita tidak bisa mengabaikan pentingnya peran mereka dalam lingkungan.

Terdapat lebih dari 3.000 spesies nyamuk yang telah diidentifikasi di seluruh dunia. Meskipun kebanyakan dari mereka tidak menimbulkan ancaman pada manusia, beberapa spesies merupakan vektor (pembawa) penyakit yang serius seperti malaria, demam berdarah, chikungunya, dan penyakit lainnya.

Nyamuk betina dikenal sebagai pembawa penyakit karena mereka menghisap darah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mereka selama masa perkembangan telur. Sementara itu, nyamuk jantan biasanya tidak menghisap darah dan lebih fokus pada makanan sumber gula.

Salah satu aspek paling signifikan dari nyamuk adalah peran mereka dalam penyebaran penyakit. Mereka menjadi agen penular penyakit-penyakit berbahaya seperti malaria, demam berdarah, virus Zika, dan penyakit lainnya. Jutaan nyawa manusia terancam setiap tahunnya karena penyakit yang ditularkan oleh nyamuk. Upaya pengendalian populasi nyamuk dan pencegahan penyakit menjadi fokus utama dalam upaya global kesehatan. Oleh karena itu, berikut ini 8 tips mengusir nyamuk terbilang murah meriah apa saja itu?

Bawang Putih

Menjelang musim hujan, pemilik rumah perlu mewaspadai bertambahnya nyamuk di sekitar tempat tinggal. Nyamuk menyukai tempat yang basah dan lembap. Hal itu karena genangan air hujan menjadi lokasi ideal bagi nyamuk untuk berkembang biak. Keberadaan nyamuk perlu diwaspadai, sebab salah satu nyamuk jenis Aedes aegypti dapat menyebabkan penyakit berbahaya yaitu demam berdarah.  Untuk mengusir nyamuk dari rumah, Anda dapat menggunakan bumbu dapur seperti bawang putih. 

Ini karena bawang mengandung senyawa allicin yang bisa mengusir nyamuk. Selain itu, bawang berbau menyengat dan tidak disukai serangga dengan indra penciuman tajam. Lalu, bagaimana cara mengusir nyamuk dengan bawang putih? 

Berikut sejumlah cara mengolah bawang putih untuk dijadikan bahan pengusir nyamuk. Terapkan untuk mencegah serangan nyamuk di musim hujan. 

  1. Pakai semprotan bawang putih Dikutip dari Kompas.com (8/2/2021), bawang putih dapat diolah menjadi semprotan insektisida pengusir nyamuk. Caranya, hancurkan atau cincang beberapa siung bawang putih. 

Kemudian, rebus bawang tersebut dalam air selama beberapa saat. Tuang larutan bawang ke botol semprot. 

Gunakan cairan pengusir nyamuk tersebut untuk menyemprot area di sekitar rumah yang banyak ditempati nyamuk. Bawang putih memiliki aroma menyengat. Aroma tersebut dapat mengusir dan membunuh nyamuk. Bau bawang juga akan cepat hilang sehingga tidak mengganggu penghuni rumah. 

  1. Letakkan siung bawang 

Selanjutnya, cara lain memanfaatkan bawang untuk mengusir nyamuk adalah dengan meletakkan beberapa siung bumbu dapur tersebut di tempat yang banyak nyamuk. 

Dikutip dari KompasTV (29/7/2023), bawang putih memiliki aroma kuat yang ampuh membuat serangga ini menghindari area tersebut. Untuk menggunakannya, cukup letakkan beberapa potongan bawang putih di sudut ruangan yang biasa dijadikan sarang nyamuk. 

Contohnya, sudut-sudut gelap yang jarang dilewati manusia. 

  1. Dicampur beewax 

Beewax merupakan lilin yang dibuat dari sarang lebah. Benda ini bisa dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk saat dipadukan dengan bawang putih. 

Dilansir dari Hunker (16/6/2022), gosokkan bawang putih dan sedikit beewax ke kulit. Cara ini membuat kulit terjaga dari gigitan nyamuk. Selain itu, memakan bawang putih dianggap sebagai cara tradisional untuk menjauhkan nyamuk dari kulit. 

  1. Masakan dari bawang

Tak hanya itu, dikutip dari Healthy Talbot (19/2/2019), bawang juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir dan mencegah gigitan nyamuk dengan cara memasaknya. Gunakan bawang putih saat memasak masakan. Aroma bawang pada masakan akan mengusir serangga tersebut dari rumah. Selain sebagai bumbu masakan, memakan bawang putih juga diyakini bisa mencegah nyamuk menggigit tubuh seseorang. 

  1. Tanam tanaman bawang

 Butiran bawang putih tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk. Tanaman bawang putih juga menimbulkan efek pengusir serangga yang sama. Tanaman bawang putih termasuk tanaman pengusir nyamuk. 

Karena itu, tanam bawang di sekitar teras, dekat pintu, atau di dalam rumah. Tanaman bawang dapat ditaruh dalam pot meja, pot gantung, maupun langsung ditanam di halaman rumah. 

  1. Bawang dan cengkih

 Cara lain untuk mengusir nyamuk dengan bawang adalah dengan memanfaatkan bawang dan cengkih. Dikutip dari Express (28/6/2022), cara menggunakannya dengan cara mengupas kulit bawang. 

Kemudian, masukkan tujuh sampai delapan buah cengkih ke satu bawang. Lalu, letakkan bawang dan cengkih tersebut ke area yang ditempati nyamuk. Misalnya, di bawah mebel seperti sofa. 

  1. Minyak bawang 

Selanjutnya, cara untuk mengusir nyamuk dengan bawang putih adalah dengan menggunakan minyak dari bawang. Diberitakan Todays Home Owner (18/10/2023), minyak bawang putih mengandung diallyl disulfide yang efektif membunuh nyamuk. Minyak bawang putih tersedia dalam bentuk jadi di tempat penjualan. Namun, bisa dibuat dengan cara memasak beberapa siung bawang di minyak panas. Encerkan minyak bawang putih dan jadikan semprotan pengusir nyamuk. 

  1. Makan bawang

 Selain itu, memakan bawang bisa membuat nyamuk terusir dan tidak mengigit kulit manusia. Dilansir dari Weekand (4/11/2019), makan bawang putih mentah segar dalam jumlah besar untuk melindungi kulit dari nyamuk. 

Ini karena napas akan bau bawang dan senyawa belerang dikeluarkan melalui kulit. Untuk mengonsumsinya, cincang dan telan sesendok bawang putih atau buat menjadi jus. Cara ini bisa membuat tubuh berbau bawang sehingga melindungi dari nyamuk.***