Masyarakat Kelurahan Lubuk Gaung Berhamburan

Warga Terkejut Suara Ledakan Dahsyat Diduga Berasal dari PT ESM

DUMAI (Surya24.com) – PT. Energi Sejahtera Mas (ESM) yang beroperasi di Kawasan Industri Lubuk Gaung Kecamatan Sungai Sembilan Dumai malam Jum’at 12-1-2024 sekitar Pukul 23.00 WIB terjadi peristiwa ledakan yang sangat dahsyat, sehingga mengejutkan masyarakat Lubuk Gaung. 

Penyebab ledakan di area PT. ESM tersebut diduga berasal dari evelator bottom, area power plant. Ledakan dahsyat itu mengganggu kenyamanan masyarakat yang baru saja terlelap tidur. Informasi tersebut disampaikan oleh salah seorang warga Kecamatan Sungai Sembilan, Jumat 12 Januari 2024. 

PT. ESM adalah salah satu pabrik memproduksi alkohol berlemak terbesar di dunia yang juga memproduksi oleokimia dasar dari minyak sawit dan minyak inti sawit (PKO). 

Mestinya dengan nama besar perusahaan ini sampai ke kancah dunia International seharusnya telah memiliki personil K3 (Kesehatan Keselamatan Kerja) berdasarkan UU Pokok Kesehatan RI No.9 Tahun 1960 BAB-I Pasal II dilaksanakan sebagaimana mestinya, karena menyangkut keselamatan dan kenyamanan pekerja serta lingkungan hidup masyarakat sekitar. 

K3 yang telah terbentuk di PT. ESM, konon katanya dikelola secara professional, yang mampu mendeteksi peristiwa yang bakal terjadi, patut untuk dievaluasi tentang keberadaan K3 PT. ESM tersebut. 

Pertanyaannya apakah ledakan tersebut merupakan kelalaian, atau karena jadwal service evelator bottom terlewati, sehingga terjadi ledakan, oleh karenanya keberadaan K3 ESM diharapkan Pengawasan Dinas Tenaga Kerja melakukan evaluasi. 

PT. ESM disebut-sebut transparan, utamanya terkait lingkungan hidup dan legislasi sosial dalam Penilaian Dampak Lingkungan (AMDAL) yang diterbitkan 2023. Namun ketika Humas PT. ESM Dian dikonfirmasi melalui WhatsApp 0813 6510 70XX terkait peristiwa ledakan tersebut setelah ditunggu selama 4 Jam konfirmasi yang disampaikan, meskipun masuk namun tidak ada respon. Berarti informasi yang didapat media ini bisa jadi benar, untuk sementara belum diketahui apakah ada korban jiwa terkait ledakan tersebut. 

Petugas Pengawasan Dinas Tenaga Kerja Provinsi Riau, Tety dikonfirmasi soal ledakan di area ESM mengatakan bahwa dia belum menerima laporan dari K3 PT. ESM. " Saya coba tanyakan kepada K3 Perusahaan,” ujar Tety. 

Sementara Kabid Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kota Dumai Vera ketika diupayakan konfirmasi melalui WhatsApp 12-01-2024 terkait ledakan yang terjadi di area PT. ESM menyebutkan bahwa pihaknya belum mendapat informasi valid meskipun telah ditanya," ujarnya. (zakaria)