Kadin Dumai Adakan Pelatihan Higienisasi Produk Makanan Olahan

DUMAI (Surya24.com) - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kota Dumai adakan pelatihan Higienisasi produk olahan makanan bagi pelaku usaha makanan atau kuliner. Pelatihan ini diadakan, Rabu (7/2/2024) di Gedung Pendopo Sri Bunga Tanjung. 

Pelatihan tersebut digelar dengan tujuan untuk mengajak para pelaku usaha kuliner agar terus berinovasi dalam peningkatan higienitas sajian kuliner yang lebih berkualitas dan mempunyai nilai jual. 

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, Annora Arsan, SE, MH mengatakan, makanan yang higienis dan sajian yang berkualitas nantinya akan di ekspor ke luar negeri. " Di Dumai juga nanti akan ada iven seperti MTQ, Porprov dan dan berbagai kegiatan lainnya agar dapat menggandeng UMKM di Dumai dalam momen tersebut. Kadin akan mendukung untuk pemasarannya baik didalam maupun di luar negeri, " ujar Annora. 

Sementara itu, Ketua Kadin Dumai, Zulfan Ismaini, SH dalam sambutannya mengatakan, Kadin juga bekerjasama dengan sejumlah sektor seperti sektor pariwisata, tranportir ojek online, Grab, Maxim dan lainnya. 

" Pelatihan higienisasi produk olahan makanan perlu kita lakukan agar produk kita terjamin dan dapat bersaing di pasaran. Beberapa waktu yang lalu kita juga mengikuti Johor Expo dan dalam waktu dekat kita juga ada kerjasama di Malaysia, ada 5 pelaku UMKM yang akan kita bawa ke Malaysia nantinya, "sebut Zulfan yang juga Caleg DPRD Provinsi Riau Dapil Dumai, Meranti, Bengkalis dari Partai NasDem Nomor Urut 5. 

Produk makanan yang akan dipasarkan di Malaysia nanti adalah produk yang dapat bertahan dengan waktu lebih lama. 

Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik, Hermanto,S.Sos, MSi menyebutkan saat ini ada perubahan dari cara manual ke teknologi digital maka dari itu perlu diadakan pelatihan agar dapat bersaing dipasar luar negeri. 

" Kadin Dumai telah tancap gas dengan berbagai program untuk dapat menggerakkan perekonomian masyarakat. Semoga dapat mengedukasi para pelaku usaha. Walikota Dumai memberi apresiasi yang tinggi bagi UMKM di Dumai. Mari terus berkolaborasi dan bersinergi, " pungkas Hermanto. 

Narasumber pada Pelatihan Higienisasi Produk Olahan Makanan itu diantaranya dari Dinas Kesehatan, Sarina Uly,.SFarm, Apt.MH dan Kepala BP POM, Uli Manda Sari, SFarm, Apt.MH. 

Hadir pada pembukaan pelatihan tersebut, Sekretaris Dinas Tenaga Kerja, Kepala Dinas Perdagangan, Dinas Koperasi dan UMKM, DPMPTSP, Pengurus Asosiasi UMKM di Dumai, dan Rumah BUMN.(cu)