Berhasil Kurangi Dampak Perubahan Iklim, PT KPI Unit Sei Pakning Sabet 5 Penghargaan Internasional di Vietnam

HANOI (Surya24.com) - PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Unit Sei Pakning kembali berhasil mengukir prestasi dalam ajang Annual Global CSR & ESG Summit & Awards 2024 dengan meraih penghargaan internasional terkait upaya pengurangan dampak perubahan iklim lewat berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR). Ajang penghargaan yang diberikan kepada perusahan yang telah memperhatikan program keberlanjutan itu berlangsung di Novotel Hanoi, Thai Ha, Vietnam, Kamis (25/4). 

Area Manager Communication, Relations, & CSR PT KPI Unit Dumai, Agustiawan yang menerima secara langsung penghargaan bergengsi itu mengatakan bahwa penghargaan yang diterima merupakan salah satu bukti nyata komitmen PT KPI Refinery Unit II, tak terkecuali Unit Sei Pakning dalam memperhatikan aspek-aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) di daerah, khususnya di sekitar wilayah operasional PT KPI Unit Sei Pakning. 

“Penghargaan yang kami terima ini dapat menjadi bukti bahwa PT KPI Unit Sei Pakning berkomitmen dan konsisten dalam menjalankan program-program Tanggung Jawab Sosial (TJSL) perusahaan yang berdampak pada perbaikan persoalan lingkungan dan mendorong kemandirian masyarakat dengan memberdayakan masyarakat itu sendiri” jelasnya. 

Dalam ajang Annual Global CSR & ESG Summit & Awards 2024 tersebut, PT KPI Sei Pakning mempresentasikan program CSR melalui program Sungai Gambut Berseri (Bersih, Sehat, Mandiri) yang dilakukan di sekitar wilayah operasi PT KPI Unit Sei Pakning, Kabupaten Bengkalis, Riau. Lewat program tersebut, PT KPI Unit Sei Pakning berhasil memboyong pulang 5 penghargaan Platinum dan Gold sekaligus. 

Program CSR tersebut berhasil mendapatkan Platinum Award untuk Kategori Best Environmental Excellence dan Platinum Award untuk Kategori Best Workplace Practices. Selain itu, PT KPI Unit Sei Pakning juga berhasil menyabet Gold Award dalam Kategori Best Community Program dan Gold Award dalam kategori Production Excellence. 

Lewat program pengolahan air gambut yang masih jadi persoalan besar di Indonesia, juga telah mengantarkan PT KPI Unit Sei Pakning mendapatkan Platinum Award untuk Kategori Best Country Excellence - Best In Indonesia. Dimana melalui program ini pula PT KPI Unit Sei Pakning juga telah berhasil melindungi Kawasan Hutan Rawa Gambut sebesar 1,22 Ha. 

Dalam program TJSL yang dijalankan oleh PT KPI Unit Sei Pakning, perusahaan tersebut membangun unit filtrasi air gambut atau yang dikenal FILAGAM dengan modifikasi biokoagulan. Dengan teknik filtrasi tersebut, air olahan yang didapatkan dua kali lebih jernih dan menghemat pengeluaran konsumsi air bersih sekitar Rp 70 juta per tahunnya. Selain itu, keberhasilan program Sungai Gambut Berseri itu juga berdampak pada 116 Kepala Keluarga (KK) mendapatkan akses air bersih. 

Pengembangan program tersebut juga telah memberdayakan masyarakat sekitar melalui Koperasi Tirta Muda Beringin, kelompok penerima manfaat langsung dari Program Sungai Berseri Gambut. Keberhasilan program tersebut juga telah menaikkan taraf hidup anggota kelompok tersebut dengan meningkatnya pendapatan rata-rata 40 persen, yakni Rp 3.750.000 dimana telah melebih Upah Minimum Kabupaten (UMK) Kabupaten Bengkalis. 

Dalam pernyataannya, Agustiawan menerangkan bahwa program yang dilakukan di Dusun Beringin, Desa Lubuk Muda, Kec. Siak Kecil tersebut telah berdampak banyak untuk desa dan masyarakat setempat. 

“Program Sungai Gambut Berseri telah berhasil melatih kemandirian masyarakat setempat dalam mengolah air gambut menjadi air bersih untuk kebutuhan sehari-hari hingga pengembangan budidaya perikanan air tawar,” tegasnya. 

Selain itu, Agustiawan menambahkan bahwa penghargaan tersebut juga menjadi salah satu apresiasi besar yang diterima oleh PT KPI Refinery Unit II, khususnya Unit Sei Pakning dalam mengatasi dan menangani dampak perubahan iklim yang telah menjadi perhatian khalayak, baik di tingkat lokal hingga global. 

Apresiasi yang diterima oleh PT KPI Sei Pakning tersebut bukan menjadi tujuan akhir, melainkan menjadi acuan semangat baru bagi perusahaan penyedia energi tersebut dalam menciptakan program-program lainnya yang berwawasan lingkungan serta berprinsip keekonomian untuk membantu masyarakat dan pemerintah. 

Mengambil tema “Generating Meaningful Impact. Unlocking Value”, Annual Global CSR & ESG Summit & Awards 2024 berfokus untuk menginspirasi para peserta dalam mengembangkan kebijakan-kebijakan ESG yang lebih baik guna meningkatkan nilai perusahaan seiring dengan pergeseran industri. Acara ini juga dihadiri oleh pemimpin dari berbagai industri dan ratusan eksekutif senior serta profesional CSR & ESG dari seluruh dunia. 

Holding Pertamina ataupun Sub Holding, seperti PT Kilang Pertamina Internasional sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, senantiasa berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.(kpi)