Kasihan Pak Penjaga Sekolah Ini, Menabung 2,5 Tahun Terkumpul Rp50 Juta untuk Naik Haji Eee Rusak Dimakan Rayap

(Dok:Net)

SOLO (Surya24.com) – Kesedihan dirasakan Samin (53) penjaga sekolah SD Negeri Lodjiwetan, Kelurahan Kedunglumbu, Kecamatan Pasarkliwon, Kota Solo. Uang tabungannya sekitar Rp50 juta yang disimpan di celengan rusak parah dimakan rayap.

Uang yang dimakan rayap merupakan hasil menabung sekitar 2,5 tahun terakhir. Uang disimpan di dua tempat celengan berbahan plastik. Total uang tabungan yang terkumpul besarnya sekitar Rp100 juta.

Tabungan yang berisi uang pecahan Rp 100.000 dan Rp 50.000 sedianya akan digunakan untuk mendaftar haji, Selasa (13/9)

Satu celengan berisi uang Rp49,8 juta bisa diselamatkan. Namun uang di satu celengan lainnya rusak parah dimakan rayap.

“Celengan selama ini disimpan di rak dalam kamar. Saya heran di sekitar lokasi menyimpanan dua celengan terdapat buku, tapi tidak dimakan rayap," ujar Samin, dilansir idnews.com, Selasa (13/9/2022).

Dalam keseharian, Samin bekerja sebagai tenaga kontrak yang bertugas menjaga sekolah. Pekerjaan antara lain membuatkan minum dan mengantarkan surat ke luar sekolah. Uang hasil jerih payahnya bekerja ditabung dengan cara dimasukkan celengan.

Ia tidak menyimpan uang di bank karena tidak banyak waktu. Terlebih sebagai penjaga sekolah, sangat sibuk menjaga siswa dan melayani guru.

Uang tabungan rencananya untuk mendaftar haji empat anggota keluarganya ke Kementerian Agama (Kemenag).

"Tahunya tadi sekitar pukul 09.00 WIB. Membuka celengan dan mengambil uang itu untuk mendaftar haji, ternyata dimakan rayap," ucapnya.

Dikatakannya, dari Rp50 juta yang dimakan rayap, sekitar Rp9 juta kerusakan masih terlihat bentuknya. Sedangkan sisanya dimakan rayap sampai tidak berbentuk besaran nominal uangnya.

Dia kini hanya bisa pasrah, dan berharap Bank Indonesia (BI) Solo bisa menukar uang rusak miliknya agar bisa untuk mendaftar haji.***