PT PNM dan BRI Cabang Kota Solok Berikan Bimtek Akses Permodalan Bagi Pelaku UMKM di Kota Solok

KOTA SOLOK (Surya 24.com) - PT.PNM dan BRI Cabang Kota Solok, memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) Akses Permodalan kepada kepada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada didaerah setempat.

Kegiatan yang dikemas oleh dinas Koperindag dan UKM itu, dibuka oleh wakil walikota Solok, Dr.H.Ramadhani Kirana Putra, Kamis, 13 Oktober 2022, di Aula Mami Hotel, kota Solok.

Hadir dalam kesempatan itu unsur dari PT.PNM dan BRI yang akan bertindak sebagai Nara sumber, organisasi Perengakat daerah (OPD) terkait, Forkompimda kota Solok, serta para pelaku UMKM kota Solok.

Pada kesempatannya itu, wakil walikota Solok berharap, Bimtek yang dilaksankan itu diberikan berkelanjutan, yakni dengan mengucurkan pinjaman untuk pengembangan usaha UMKM oleh PT.PNM dan BRI cabang Solok.

Menurut Ramadhani, kemampuan Finansial dan Manajement merupakan indikator yang sejalan, dan dua indikator tersebut akan saling berkaitan dan dibutuhkan dalam membangun atau mengembangkan usaha yang dilakukan, dengan kata lain Finansial dan Manajement merupakan dua modal usaha yang harus dilengkapi.

 

"Finansial yang cukup dan memadai, serta kemampuan manajement akan menjadi salah satu dasar sebagai modal pengembangan usaha yang berjalan, oleh karena itu, manajement akan berdampak besar terhadap keberhasilan usaha yang dikembangkan " imbuh wakil walikota Solok.

Pengembangan usaha dari semua sektor tidak terlepas dari modal yang tersedia dan dimiliki, baik dalam bentuk finansial maupun kemampuan manajemen, dan hal itu juga harus didukung dengan pengembangan diri SDM kelompok usaha secara mandiri.

Berdasarkan itu, ia menghimbau agar pelaku UMKM untuk berbenah dalam meningkatkan efisiensi produksi dan manajemen usaha, memupuk rasa kebersamaan, meningkatkan daya saing produk,dan menciptakan iklim usaha yang kondusif. (basa)