Jangan Anggap Remeh Lomba Melamun Pertama di Indonesia yang Bakal Digelar, Ternyata Banyak Manfaatnya Lo

Lomba Melamun. (Dok:©2023 Youtube: woopsyang company)

JAKARTA (SURYA24.COM)  - Lomba melamun untuk pertama kalinya di Indonesia bakal digelar, Sabtu (5/3/23) di Jalan DI Panjaitan No 44 Gilingan, Banjarsari. Lomba yang diprakarsai oleh Jinju Academy, sebuah Lembaga Pendidikan Bahasa Korea di Solo, ini rencananya dimulai dari pukul 10.00 hingga 11.30 WIB dan untuk registrasi dibuka dari pukul 09.00 hingga 10.00 WIB.

   Sebelumnya, lomba melamun sudah pernah diadakan di Korea Selatan sejak 2014 yang sampai saat ini masih rutin diselenggarakan. Lomba tersebut dicetuskan oleh seorang seniman Korea Selatan, Woopsyang.

   "Tujuan diadakan lomba melamun ini untuk melepas penat dan stress serta mengosongkan pikiran. Hitung-hitung mengistirahatkan diri dari bermain gadget," ungkap pihak Jinju Academy dilansir Liputan6.com.

    Lomba melamun ini pernah menuai penolakan di Korea Selatan, yang masyarakatnya terkenal serba cepat dan penuh dengan tekanan atau dikenal juga dengan istilah "Pali-Pali".

     Lomba melamun juga sudah menyebar ke berbagai negara, seperti Hongkong dan Belanda. Nantinya pemenang lomba yang dikenal juga 'The Space Out Competition' ini harus memiliki 'heart rate' yang rendah atau dalam kondisi yang benar-benar rileks. Selain sebagai pengalih dari gadget, lomba ini juga digunakan oleh masyarakat untuk meditasi.

    "Selain itu, saya berharap dengan lomba melamun ini, Jinju Academy akan lebih dikenal sebagai salah satu lembaga kursus Korea Selatan di Indonesia," ungkap penyelenggara.

Sebelum mengikuti lomba melamun, peserta diwajibkan untuk memenuhi persyaratan yang dibuat oleh Jinju Academy, di antaranya:

1. Mimimal usia peserta 6 tahun

2. Untuk usia peserta 6-17 tahun wajib didampingi orangtua

3. Mengisi google form yang telah disediakan oleh pihak Jinju Academy

4. Peserta akan dipilih sebanyak 40 orang yang akan dikonfirmasi melalui email dan whatsapp masing-masing

5. Dilarang untuk minum/makan tanpa diizinkan panitia, bermain handphone, dan mengantuk hingga tertidur

    Setelah memenuhi persyaratan, para peserta harus melakukan registrasi. Peserta juga akan dicek tekanan darahnya setiap 15 menit untuk memastikan para peserta sudah dalam kondisi rileks.

    Saat ini, pendaftaran sudah mencapai 400 calon peserta melebihi target yang telah direncanakan. Hal ini menandakan betapa antusiasnya masyarakat Indonesia. Walau bukan peserta, masyarakat boleh turut hadir untuk meramaikan lomba satu ini.

Manfaat Lomba Melamun Menurut Ahli

   Selain bisa menjadi wadah meditasi, lomba melamun juga memiliki segudang manfaat menurut para ahli. Apa aja manfaatnya? Simak penjelasannya berikut ini:

1. Dikutip dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh UC Santa Barbara menunjukkan bahwa sekelompok orang yang diberikan waktu melamun ketika mengerjakan tugas-tugas kreatif akan lebih baik secara performa dibandingkan yang tidak melamun.

2. Jurnal Psychology Sience mengungkapkan bahwa melamun dapat meningkatkan daya ingat sehingga kamu tidak akan menjadi orang yang mudah lupa.

3. SAGE Journals juga mengungkapkan jika melamun bisa membantu kita memahami diri sendiri. Terutama mengenai kelebihan dan kekurangan kita. Dengan begitu, kita bisa menemukan kebahagiaan sendiri.

4. Terakhir dalam jurnal penelitian yang dirilis tahun 2016 dengan melamun, kita bisa mempererat hubungan dengan pasangan dan keluarga. Melalui melamun, kita bisa menemukan titik permasalahan dan cara penyelesaiannya serta menghindari dari emosi yang mudah meledak-ledak.

Hadiah yang Didapat Pemenang

    Selain memiliki banyak manfaat, lomba melamun juga menjanjikan hadiah yang menggiurkan untuk para pesertanya. Pemenang juara 1 akan mendapatkan Rp500.000 ditambah voucher diskon kursus di Jinju Academi sebesar 30 persen dan trial hangeul class.

    Untuk Juara ke-2 akan mendapatkan voucher makan di Jinju Resto senilai Rp300.000, voucher diskon kursus 30 persen dan trial hangeul class.

    Sementara juara ke-3 akan mendapatkan voucher di Jinju Resto Rp200.000 ditambah voucher diskon kursus 30 persen dan trial hangeul class.***