Dulu Dianggap Nyeleneh, Kini 7 Temuan Teknologi Canggih Ini Menjadi Tradisi

dok net

JAKARTA (SURYA24.COM)- Seiring beragamnya kebutuhan manusia, teknologi dan inovasi sudah lama digagas orang dahulu. Sebagian penemuan dan teknologi yang sudah dinikmati masa kini ternyata idenya sudah dicetuskan jauh di masa lalu. Tak heran jika dulunya konsep dan temuan teknologi canggih ini dulunya terkesan nyeleneh.

Sebut saja kacamata televisi analog, ide unik ini datang dari seorang ilmuwan Hugo Gernsback. Kini teknologi semacam ini mirip dengan kacamata Virtual Reality. Siapa sangka, Hugo Gernsback sudah menemukannya di tahun 1936 silam. 

Ppara ilmuwan dulunya berlomba-lomba membuat penemuan yang secara langsung mendukung perkembangan teknologi. Meskipun tak sedikit manusia modern masa kini mengira manusia zaman dulu kerap dicap sebagai orang yang ketinggalan zaman. 

Tak hanya televisi kacamata, berbagai ide dan temuan teknologi canggih dulunya terkesan nyeleneh. Bentuknya yang absurd dan tak umum membuat teknologi canggih masa lalu itu seolah tak masuk akal untuk dinikmati banyak orang seperti sekarang ini.

Berikut Liputan6.com merangkum teknologi canggih yang sudah ditemukan jauh sebelum dunia modern lahir melansir dari berbagai sumber, Rabu (12/7/2023).

1. Video Call Ditemukan Sebelum Adanya Smartphone

Tidak sedikit orang yang mengira video call merupakan layanan panggilan yang modern. Namun siapa sangka, jauh sebelum smartphone yang ditemukan pada tahun 1997, sudah ada video call telah ada sejak tahun 1963. Perusahaan telekomunikasi  AT&T mencoba-coba teknologi panggilan video beberapa dekade lalu.

Pada awal tahun 1960-an, diperkenalkan AT&T Picturephone yang memungkinkan orang untuk melakukan panggilan video melalui bilik khusus. Ruang Picturephone dapat ditemukan di New York, Chicago, dan Washington. 

Panggilan dapat dilakukan di antara kota-kota tersebut dengan biaya yang cukup tinggi, antara $16 hingga $27, untuk hanya tiga menit percakapan. Sayangnya, meskipun harapannya besar, Picturephone tidak mendapatkan popularitas yang diharapkan.

2. Konsep Desk Komputer Kuno yang Futuristik

Mengembangkan perlengkapan pendukung seperti desk komputer. Siapa sangka, sebelum adanya personal Computer (PC) ditemukan, sudah ada meja komputasi unik untuk mesin ketik. 

Desainnya yang futuristik membuat konsep meja komputer masa lalu ini terlihat nyeleneh.

Bahkan kursi dan meja kerja buatan tahun 1970-an ini punya antena di sandarannya. Menggambarkan telekomunikasi sambil bekerja sudah ditemukan jauh sebelum konsep ini marak dipakai banyak orang. 

 

Dahulu, konsep ini lain daripada yang lain, membuat desk komputer ini nyeleneh. Visi kemewahan teknologi untuk saat itu, tapi mungkin langkah yang terlalu jauh.

3. Tank Tempur Abad 16 Leonardo Da Vinci

Tidak hanya di dunia teknologi dan komunikasi, siapa sangka, tokoh artis populer abad 16 sudah menggagas tank. Meski dikenal berbakat di dunia melukis, memahat, astronomi, botani, dan kartografi serta bakat sains. Leonardo Da Vinci juga seorang penemu yang membuat atau membuat konsep banyak desain untuk teknologi jauh melampaui zamannya.

Ia menggagas konsep seperti parasut dan helikopter awal. Jika kita mempertimbangkan bahwa Leonardo da Vinci mengembangkan ini pada abad ke-16 (lahir pada bulan April 1452), itu memang merupakan pencapaian yang menakjubkan. Salah satu visi teknologi masa depan yang dia miliki adalah kendaraan tempur yang pada dasarnya merupakan tank modern yang terinspirasi dari cangkang kura-kura. 

Desain tank ini mencakup penggunaan pelat logam yang diperkuat untuk melindungi penumpang, kemiringan sisi untuk mengalihkan tembakan musuh, dan serangkaian meriam ringan. Pada saat itu, hampir tidak mungkin untuk membangunnya, tetapi ini adalah sebuah pandangan menarik tentang masa depan peperangan.

4. Televisi Kacamata Bak Alien

Perkembangan dunia entertainment sering mendapat perhatian tersendiri bagi para ilmuwan. Seperti televisi yang semula hanya gambar analog, kini sudah menjadi digital, bahkan harus terhubung dengan internet. Begitu pula dari tabung hingga pakai panel layar yang super canggih. 

Namun jauh sebelum tv digital ada, pada tahun 1963, ilmuwan Hugo Gernsback difoto oleh Majalah Life memamerkan "kacamata televisi". Televisi mungil ini dikenakan layaknya sebuah kacamata. 

Ternyata, ide kacamata televisi datang ke penemunya pada tahun 1936, tetapi baru pada tahun 1960 kemajuan teknologi memungkinkan visinya. Kacamata televisi menggunakan tabung sinar katoda kecil untuk tampilan dan menyertakan layar terpisah untuk setiap mata. Konsepnya mirip kacamata VR modern. Antena yang besar membuat perangkat ini terlihat seperti alien dan tentunya jauh sebelum waktunya.

5. Skuter Bukan Kendaraan Masa Depan

Siapa sangka, sejak ditemukannya mesin BBM, banyak perusahaan mengembangkan berbagai model kendaraan. Salah satunya Autoped yang menjadi visi awal skuter masa kini. Pada awalnya dikembangkan pada tahun 1915, ini adalah sistem transportasi pribadi yang kini diulang dengan kalimat lain. 

 

Skuter ini dilengkapi dengan mesin berpendingin udara 155cc dan dapat mencapai kecepatan tertinggi 20 mph.

Skuter ini jauh melampaui zamannya dan memiliki beberapa fitur desain yang terlihat sangat modern pada perangkat serupa saat ini. Dilengkapi dengan lampu depan dan lampu belakang, klakson, dan bahkan kotak peralatan. Kolom kemudi juga dapat dilipat ke bawah untuk memudahkan penyimpanan.

Autoped mungkin muncul sebagai kebutuhan akibat keterbatasan bahan bakar selama perang, namun pada saat itu tidak populer. Konsepnya kini marak dipakai perusahaan transportasi modern dengan mengganti mesin listrik.

6. Ide Stik Mentega

Beberapa penemuan ide canggih juga dikembangkan di dunia kuliner. Mentega dulunya dikemas dengan wadah besar dan kebanyakan dalam kemasan plastik. Hingga kini tak sedikit rumah tangga yang menggunakan mentega yang dikemas dengan cara mengoleskannya seperti lipstik. 

Meski kini terkesan hal yang lumrah, namun stik mentega ini dulunya menjadi penemuan hebat dalam membuat sarapan roti tawar. 

7. Baju Perang Mekanik

Tahun 80-an heboh dengan film manusia setengah robot Robocop. Siapa sangka, konsep robot bisa bergerak sendiri sudah ditemukan pada tahun 1495. Mengingat abad itu merupakan masa banyaknya bangsa yang berperang. 

Penemuan lain dari Leonardo Da Vinci ini disebut Ksatria mekanik. Kostum perang ini digambarkan sebagai robot humanoid yang mampu berdiri, duduk, mengangkat pelindungnya, dan juga menggerakkan lengannya. Semua dengan katrol tentu saja, tetapi awal yang menarik untuk robotika dari ratusan tahun sebelumnya.***