INFOTORIAL PEMERINTAH KOTA DUMAI

TP PKK Dumai Raih Juara II Lomba Cipta Menu B2SA Tingkat Provinsi Riau

Ketua TP PKK Kota Dumai Hj. Leni Ramaini Paisal menerima Piala penghargaan serta uang pembinaan dari Provinsi Riau.

DUMAI (Surya24.com) - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Dumai berhasil meraih predikat Juara II dalam Festival Pangan Lokal/Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) Provinsi Riau Tahun 2023. 

Prediket Juara 2 ini berhasil didapatkan oleh TP PKK Kota Dumai diantara 12 TP PKK Kabupaten/Kota se Provinsi Riau. Festival ini dilaksanakan dalam rangka memberi kesempatan serta peluang bagi produk kuliner untuk semakin diperkuat, Selasa (19/9/2023).  

Selain itu, festival ini juga berguna untuk mengembangkan produk UMKM yang tersedia di Provinsi Riau. Dengan pengembangan produk kuliner UMKM ini, diharapkan UMKM di 12 Kabupaten Kota se Provinsi Riau semakin berkembang dan maju.  

Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu usaha Pemerintah dalam rangka memperkuat nilai tambah produk pangan lokal Provinsi Riau. Gubernur Riau berharap dengan adanya perlombaan ini, ibu ibu TP PKK semakin tergerak untuk mengembangkan produk kuliner UMKM nya.  

"Pengembangan produk pangan lokal ini apabila benar-benar fokus dan serius, maka akan mendatangkan banyak keuntungan seperti penambahan penghasilan, pembukaan lapangan pekerjaan baru serta memberikan perputaran ekonomi yang lebih kuat lagi," ujar Drs. H. Syamsuar dalam sambutannya.  

Selanjutnya, setiap TP PKK pun mulai pelaksanaan perlombaan dengan mengolah menu yang telah disiapkan masing-masing tetapi tetap memperhatikan gizi seimbang dan aman yang sangat beragam.  

Untuk Kota Dumai sendiri, menu yang disiapkan ialah Lunchbox Mayang Mengurai dengan menu Singkong ngambang, Kari apung, THT selimut sutra, Cah mayang mengurai serta Minuman simanis dara. Dipenilaian akhir serta pengumuman perlombaan, Kota Dumai berhasil mendapatkan prediket Juara 2 yang berhasil menciptakan Menu Beragam, Bergizi Seimbang, Dan Aman.  

Ketua TP PKK Kota Dumai Hj. Leni Ramaini Paisal pun berkesempatan untuk menerima secara langsung piala penghargaan serta uang pembinaan yang telah disiapkan.  

Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua TP PKK Provinsi Riau Hj. Misnarni Syamsuar, Forkopimda Provinsi Riau, Ketua TP PKK Kabupaten/Kota se Provinsi Riau, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian se Provinsi Riau beserta tamu undangan lainnya. (Inf/Diskominfo)