Siapa Sangka Brand Fashion Ini Produk dari Palestina, Apa Saja?

Ilustrasi (Dok:Net)

JAKARTA (SURYA24.COM)- Fashion, lebih dari sekadar pakaian, adalah seni hidup yang terus berkembang dan mencerminkan identitas pribadi. Setiap tren dan gaya adalah cara ekspresi diri, menciptakan narasi visual tentang siapa kita dan bagaimana kita melihat dunia.

 Artikel ini akan menggali lebih dalam dunia fashion, mengeksplorasi evolusi tren, dampak sosial, dan bagaimana fashion menjadi cara penting untuk merayakan keunikan setiap individu.

Fashion tidak jarang digunakan sebagai sarana untuk menyampaikan pesan politis dan sosial. Pakaian seringkali menjadi bentuk protes dan dukungan terhadap isu-isu kritis. Nah berikut brand fashion Palestina yang perlu kamu tahu apa itu?

Mengutip insertlive.com, konflik Israel dengan Palestina memicu boikot terhadap sejumlah brand, terutama yang berasal dari Israel dan Amerika Serikat. Amerika terang-terangan membela Israel.

Di sisi lain, ada aksi dukungan terhadap sejumlah brand Palestina agar tingkat penjualan meningkat. Kebanyakan produk fesyen itu tidak ada toko offline di Indonesia dan hanya bisa dibeli secara online. Apa saja brand-brand tersebut?

 

1. KUVRD

Produk dari Arab milik Palestina ini berupa pakaian luaran yang dibuat dengan potongan modis. Mereka juga memiliki program distribusi makanan yang disebut Karam oleh KUVRD yang bekerja sama dengan Human Concern International.

Mereka mendonasikan makanan kepada keluarga yang membutuhkan dari setiap 10 dolar yang dibelanjakan pada pembelian. Untuk saat ini, mereka mendistribusikan makanan ke kamp-kamp pengungsi di Gaza.

2. Paliroots

PaliRoots membuat produk yang terinspirasi oleh budaya, identitas, dan masyarakat Palestina. Ini bukan hanya sekadar brand, tapi juga sebuah gerakan.

Mereka juga memiliki dua program amal, yaitu Program Makanan PaliRoots dan Proyek Pendanaan PaliRoots. Setelah pesanan pertama, makanan akan disumbangkan untuk setiap 25 dolar yang dibelanjakan.

3. PaliDrip

PaliDrip sebenarnya brand pakaian yang dibuat oleh keluarga Palestina sebagai cara untuk membawa keindahan wastra Palestina ke negara-negara lain.

Koleksi mereka berupa kaos, topi, vase HP, juga aksesori lainnya dengan desain trendi. Setiap pembelian produknya akan dijadikan sumbangan makanan kepada masyarakat Palestina.

4 PurePali

PurePali termasuk merek streetwear yang berbasis di Brooklyn, New York, Amerika Serikat. Produknya menampilkan identitas dan solidaritas Palestina melalui desain modern.

Sebagian keuntungan PurePali disumbangkan ke PCRF untuk bantu memberikan perawatan medis kepada anak-anak di Palestina dan Timur Tengah.

5. Deerah

Brand ini menjual baju dengan potongan kimono warna-warni yang cocok dipadukan dengan celana denim. Juga ada jaket jubah atau thobe tradisional untuk dikenakan pada acara spesial.

 

Deerah menawarkan berbagai macam tatreez buatan tangan yang tak lekang oleh waktu serta produk bordir.

6. Meera Adnan

Beroperasi dari Kota Gaza, desainer Palestina Meera Adnan buat produk pakaian unisex dan kontemporer.

Dia mengaku kalau karyanya mengambil referensi agama dan politik di wilayah tersebut yang membentuk "monolog visual romantis dan nostalgia dari Kota yang Dikepung".

7. Nol Collective

Nol Collective merupakan merek fesyen politik feminis yang mencakup dan mencerminkan budaya, praktik etika, serta keadilan sosial Palestina.

Produk mereka diproduksi oleh koperasi perempuan dan usaha kecil yang dikelola keluarga di Gaza dan Tepi Barat. Mereka menyediakan pakaian sehari-hari dengan warna-warma soft.

8. el Bustan

Produk el Bustan menampilkan kekayaan budaya dan warisan Palestina yang mengakar melalui produk modern serta buatan tangan yang dibuat oleh pengrajin tradisional, pengusaha, koperasi wanita, seniman dan desainer, serta pabrik di Palestina

Merek ini melestarikan warisan Palestina sekaligus meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat.

9. Sunbula

Bermula dari toko kerajinan sederhana kemudian berubah menjadi organisasi perdagangan yang mendukung perempuan dan komunitas marginal di Tepi Barat, Jalur Gaza, dan komunitas Palestina di Yerusalem.

Brand Sunbula ini bekerja sama dengan 25 organisasi yang membantu pengrajin mengembangkan kerajinan tradisional seperti sablon, kerajinan kulit, pembuatan perhiasan, kain kempa wol, sulaman Palestina, tenun Badui dan Majdawali, ukiran kayu zaitun, sabun minyak zaitun, keranjang, dan keramik.

10. Falastini Brand

Mulai dari thobes, mukena, dan hoodies hingga perhiasan, dompet, hiasan dinding, dan dekorasi rumah, Falastini Brand berbagi desain berkualitas tinggi dari produk-produk pengaruh Palestina yang mengusung warisannya dengan sentuhan modern.***