Kenapa Ban Motor Kamu Cepat Gundul? Ini Penjelasannya

Ilustrasi ban motor (Dok:GridOto.com)

JAKARTA (Surya24.com) - Banyak yang bilang kalau jalan beton bikin ban motor jadi cepat habis. Apalagi, saat ini sudah banyak jalanan beton atau cor-coran yang menggantikan jalan aspal.

Dede Miko Andryan, Pengurus Toko Khay Tire menjelasan berdasarkan penuturan pengguna motor kepadanya.

"Berdasarkan riset beberapa distributor Maxxis dan penuturan driver ojek online (ojol) memang betul jalanan cor-coran atau beton bisa bikin ban cepat habis," ucap Dede (13/10/2022) dikutip otomotifnet.com.

Menurut Dede, permukaan jalanan aspal lebih halus dari permukaan jalanan beton atau cor-coran.

"Tekstur jalan beton yang kasar ketika sering dilewati motor maka ban akan cepat habis atau botak," tambah pria yang tokonya ditunjuk sebagai Maxxis Motorcycle Tire Centre (MA2TC) Depok, Jawa Barat.

Kata Dede, hal ini terjadi untuk seluruh jenis kompon ban motor.

"Baik kompon ban medium ataupun kompon hard atau keras, jika sering lewat jalan beton atau cor-coran, ban akan lebih cepat habis," papar Dede.

"Misalnya, usia rata-rata ban dengan kompon keras itu normalnya habis dalam waktu 3 tahun, karena sering lewat jalan cor atau beton itu baru 2 atau 2,5 tahun pemakaian tapak ban sudah mulai habis," tambahnya saat ditemui di Jalan Raya Parung Bingung No.17, Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat.

Hal senada juga ternyata dikatakan oleh Jimmy Handoyo, Technical Service and Development Dept. Head PT. SRI, produsen ban FDR di Indonesia.

"Secara tidak langsung jalanan beton memang bikin tapak ban motor lebih cepat aus dan habis dibanding aspal," ujar Jimmy.

"Sering melalui jalanan lapis beton ditambah kebiasaan sering mengerem mendadak tentu berpengaruh pada keawetan ban," tuturnya.

Makanya, agar ban menjadi lebih awet disarankan untuk tidak sering melakukan pengereman mendadak, dan selalu pastikan kondisi tekanan angin ban sesuai anjuran pabrikan.***