Kondisi Ekonomi Tak Menentu Jangan Bingung? Ini Dia Cara Mengembangkan Dui

(Dok Bloomberg via Getty Images/Bloomberg/cnnindonesia.com).

JAKARTA (SURYA24.COM) - Ekonomi global masih diselimuti oleh ketidakpastian seiring dengan perang Rusia-Ukraina yang masih berlangsung. Ketegangan geopolitik ini berimbas pada terganggunya rantai pasok, sehingga harga-harga pangan dan komoditas energi melambung.

Hal ini pun membuat inflasi di sejumlah negara melonjak. Untung mengendalikan inflasi, bank sentral di negara-negara tersebut pun mengerek suku bunga acuan.

Di sisi lain, kebijakan moneter itu berakibat pada pelemahan ekonomi. Bagaimana tidak, bunga kredit yang tinggi bisa menghambat pinjaman dari industri sehingga produktivitas pun menurun.

Lebih parah lagi, lesunya industri ditambah menurunnya permintaan membuat beberapa perusahaan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) demi efisiensi. Peristiwa ini pun terjadi di Indonesia.

Dengan keadaan seperti ini, tulis cnnindonesia.com, lantas bagaimana cara mengembangkan uang yang ada agar bisa bisa bertahan hidup dan bahkan menciptakan peluang bisnis baru?

Perencana Keuangan OneShildt Consulting Budi Rahardjo mengatakan di saat kondisi ekonomi penuh ketidakpastian, Anda punya dua pilihan;

1. Mengambil langkah defensif atau bertahan

Untuk Anda yang memiliki profil konservatif dan memiliki kekhawatiran tidak terpenuhinya kewajiban-kewajiban jangka pendek dan menengah serta dana tabungan/investasi yang dimiliki saat ini mengalami penurunan, maka Anda dapat mengambil langkah-langkah defensif.

Langka defensif yang dimaksud yaitu dengan memilih instrumen-instrumen yang memiliki kepastian baik dari perlindungan modal dan juga keuntungan dalam berinvestasi. Meskipun biasanya semakin tinggi perlindungan atas modal maka juga akan berbanding terbalik dengan tingkat keuntungan yang akan diperoleh.

"Yang memiliki kepastian keuntungan misalnya deposito yang dijamin LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) yang memberikan kepastian bunga atau instrumen berpendapatan tetap seperti obligasi negara yang dijamin pemerintah," ujar Budi kepada CNNIndonesia.com, Jumat (10/2).

2. Ambil Peluang

Bagi Anda yang memiliki profil moderat agresif dan ketahanan keuangan yang baik bahkan berlebih serta optimis di saat penuh ketidakpastian ini, dapat mengambil langkah agresif.

Langkah Agresif dalam investasi itu adalah dengan mencari peluang-peluang aset bernilai tinggi yang sedang mengalami depresiasi nilai.

Adapun aset bernilai tinggi yang sedang mengalami depresiasi misalnya saham berfundamental bisnis dan keuangan yang solid yang saat ini harganya sedang turun karena kekhawatiran investor sehingga ditinggalkan dan mengakibatkan harganya tertekan.

"Atau bisa juga properti yang saat ini sedang dijual pemiliknya di harga murah karena mungkin ada kebutuhan yang mendesak sehingga harganya di bawah harga pasarnya saat ekonomi normal," imbuh Budi.

Menurutnya, dengan memilih instrumen tersebut, harapannya di masa yang akan datang, atau di saat kondisi ekonomi sudah kembali pulih, nilai aset juga akan menuju harga wajarnya. Hal ini yang tentunya memberikan keuntungan bagi Anda.

Budi memberikan catatan untuk strategi yang agresif ini tentunya membutuhkan kejelian dalam menilai suatu aset memang sedang terdepresiasi karena salah harga namun ternyata tetap memiliki fundamental yang solid.

"Oleh karena itu pengalaman, money management dan pengetahuan mengenai aset yang akan dibeli akan sangat penting," imbuhnya.

Pendapat serupa juga disampaikan oleh Perencana Keuangan dari Advisor Alliance Group (AAG) Indonesia Dandy. Ia menuturkan dalam konsep perencanaan keuangan tujuan kita adalah bagaimana caranya agar uang dapat bekerja lebih keras. Dengan begitu, financial freedom bisa tercapai. Adapun salah satu caranya dengan berinvestasi.

"Untuk investasi sendiri diperlukan tujuan yang jelas untuk apa berinvestasi misal untuk pensiun, berapa besar yang dibutuhkan, berapa lama investasi, di instrumen apa investasinya, dan cukup lakukan secara berkala dan konsisten. Secara periodik di analisa dan evaluasi," katanya.

Lebih lanjut, Dandy mengatakan dalam kondisi ekonomi yang penuh ketidakpastian, sangat dianjurkan untuk tidak bergantung dengan satu sumber pendapatan saja.

Menurutnya, banyak cara yang bisa dilakukan. Misalnya, menjadi content creator atau YouTuber. Namun, ini tidak instan dan butuh waktu. Anda harus konsisten dan mengeluarkan kreativitas untuk dapat merasakan hasilnya.

Selain itu, Anda juga bisa menjadi freelancer di sela waktu luang sesuai dengan kemampuan. Tak hanya itu, untuk mengembangkan uang Anda juga bahkan bisa menjadi agent property/insurance/MLM yang memiliki waktu kerja fleksibel.

Jika saran tadi tidak cocok, Anda bisa juga mempertimbangkan untuk mencari part time job dan ini bisa apply sampai ke perusahaan luar negeri yang punya jam berbeda dengan Indonesia sehingga tidak mengganggu pekerjaan utama.

Dandy juga menyebut opsi lain yang bisa Anda pertimbangkan adalah dengan membuka bisnis atau untuk yang hobi masak bisa jual makanan delivery online.

"Itu semua dibutuhkan komitmen, waktu dan tenaga, serta persisten. Untuk motivasi yang kuat dalam melakukannya perlu tanya ke diri sendiri kenapa perlu melakukan ini, untuk siapa dan kenapa ini penting," ucapnya.***