Mengharukan Seorang Pria Tidak Tahu Pendonor Ginjalnya, Tak Disangka-sangka Ternyata

Foto: TikTok @delayne_i

JAKARTA (Surya24.com)  - Seorang ayah asal Missouri, Amerika Serikat kini memiliki 'kehidupan baru' berkat anaknya. Anak perempuannya itu mendonorkan ginjal padanya, namun merahasiakan seluruh prosesnya karena ia tak diizinkan untuk melakukannya.
    "Aku merasa sangat kesal namun juga begitu bersyukur. Hal ini sangat sulit untuk dijelaskan," ucap John Ivanowski usai mendapatkan donor ginjal dari putrinya dikutip dari WCVB, Rabu (8/3/2023)
   "Aku tidak bisa berhenti menangis," sambungnya.
  Sang putri, Delayne Ivanowski mengatakan bahwa ayahnya sempat curiga dengan dirinya. Namun Delayne berhasil menyembunyikan rencananya dengan baik sehingga berhasil memberikan donor ginjal pada ayahnya.
  "Ayah berkata, 'aku tahu kamu sedang merencanakan sesuatu'. Dan aku membalas, 'ayah, aku memang selalu merencanakan sesuatu'," ucap Delayne seperti dilansir detik.com.
   John memiliki defisiensi imunoglobulin A yang menyebabkan sistem kekebalan imun terlalu aktif sehingga menyerang ginjalnya. Semenjak ayahnya didiagnosis, Delayne pun sudah mulai terpikir untuk melakukan donor ginjal.
  "Semenjak saat itu, ayah hanya bisa melakukan cuci darah. Jadi selama lebih dari setahun, ayah terhubung dengan mesin selama tiga, empat, lima jam sehari," cerita Delayne.
 "Jadi pikiran pertama saya adalah mengapa dia tidak bisa mendapatkan ginjal saya saja sekarang?" sambungnya.
  Keinginan tersebut lantas ditentang keras oleh John. John beralasan bahwa anaknya masih muda dan masih memiliki kehidupan yang panjang.
   Delayne lantas tak kehabisan ide dan mulai melakukan rencana donor ginjal secara diam-diam.
   "Saya menghubungi koordinator dan bilang, 'Bagaimana caranya aku melakukan donor ginjal, kapan bisa dilakukan?'. Dan setelah kondisi ayah sudah cukup baik untuk melakukan transplantasi, dokter memintaku menjalankan banyak tes," ucap Delayne.
  Setelah 8 bulan dirahasiakan, operasi itu akhirnya dilakukan pada 16 Februari 2023.

   "Saya tidak mengetahuinya sampai setelah melakukan operasi. Delayne membuka pintu dan datang dan aku cuman bisa, 'Ya Tuhan'," ceritanya.
   Walaupun sempat kesal dengan apa yang dilakukan putrinya, John kini sangat bersyukur. "Oh, saya sangat bersyukur tidak perlu terhubung ke mesin lagi dan bisa melakukan apa yang perlu saya lakukan atau apa yang ingin saya lakukan. Ini sangat melegakan," ucap John.
 "Ini adalah salah satu hadiah terbesar yang bisa diberikan," pungkas Delayne.***