Mendadak Si Meong Menggigit Kamu? Ternyata Ini Alasannya Berikut Kenapa Ayam Berkokok pada Pagi Hari

JAKARTA (SURYA24.COM)- Ada beberapa alasan kenapa kucing suka mengigit tangan dan kaki kita. Memang, meskipun kucing sudah menjadi peliharaan kita tapi hewan tersebut masih memiliki insting hewan liar yang bisa saja menyakiti kita.

Tapi, tidak semua gigitan tersebut bermaksud untuk menyakiti kita loh. Kadang-kadang, kucing melakukan hal tersebut lantaran dia merasa bosan. Nah, berikut beberapa alasan kenapa kucing suka mengigit tangan dan kaki kita seperti dilansir dari Bright Side yang dikutip okezone.com.

Pertahanan Diri

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, sifat agresif kucing memang masih tetap ada meskipun kita sudah memeliharanya. Biasanya, ini terjadi ketika kucing berada di bawah tekanan atau stres. Ketika stres, kucing akan mulai menyerang termasuk menggigit sebagai bentuk pertahanan dirinya. Ketika kucingmu mengalami stres, bawalah ia ke dokter hewan untuk mengidentifikasi sumber spesifikasi perilaku agresifnya.

Bosan

Kucing memiliki insting berburu, sehingga ingin menangkap sesuatu yang bergerak dari pandangannya. Jadi jika ia melihat kaki, insting berburunya akan keluar. Hal itu membuat kucing mengejar kaki pemiliknya dan menggigitnya.

Nah, agar hal ini tidak terjadi, jika kucing Anda mulai melihat mengincar kaki Anda saat Anda mengoyang-goyangnnya, maka cobalah dan meresponsnya dengan mengajak bermain. Oleh karena itu, cobalah sediakan mainan yang bisa bergerak agar kucing tidak cepat bosan.

Gak enak badan

 

Menggigit kaki bukan hanya terbentuk karena sifat kucing, tapi juga karena keinginannya untuk berkomunikasi. Bisa jadi, kucign mengigit kaki Anda lantaran dia sedang tidak enak badan. Cobalah untuk periksa kesehatan kucing Anda. Apakah kucing itu merasa sakit atau ada cedera.

Ada kalanya dia juga merasa tidak nyaman dan aman dengan tempat tidurnya. Kucing menyuruh Anda untuk memeriksanya. Dengan cara menggigit kaki pemiliknya, kucing akan mendapat perhatian dan bantuan yang sedang dibutuhkan. Pastikan Anda selalu peka dengan kondisi hewan peliharaan.

Tumbuh Gigi

Layaknya manusia, ketika kucing sedang mengalami pertumbuhan gigi, maka gusinya akan gatal dan mulai mencari tempat untuk melampiaskannya dengan mengigit-gigit. Biasanya, gigi kucing akan mulai muncul pada usia 10 minggu dan mengalami masa pertumbuhan hingga usia enam bulan.

Saat pertumbuhan gigi, mereka ingin menguji giginya pada segala hal apa pun yang bisa digigit, termasuk anggota tubuh pemiliknya. Jika anak kucing tidak memiliki induk atau kucing lain yang menemaninya, dia akan lebih liar dalam menggigit objek yang bisa digigit.

Takut

 

Salah satu alasan kucing suka menggigit kaki karena memiliki perilaku yang agresif. Perilaku agresif pada kucing bisa disebabkan karena masalah sosialisasi yang mereka alami sejak kecil. Lingkungan tinggal mereka juga menjadi penyebab kucing tersebut merasa stres hingga bersikap agresif.

Jadi menggigit kaki adalah bentuk pertahanan diri kucing. Jika kucing Anda sering menyerang dengan menggigit kaki, disarankan untuk dibawa ke dokter hewan. Hal itu akan diidentifikasi oleh dokter mengenai penyebab kucing Anda sangat agresif.

Kenapa Ayam Berkokok di Pagi Hari?

Seperti diketahui ayam jantan memang berkokok pada pagi hari yang juga menjadi alarm yang membangunkan manusia dari dalam tidurnya dan pertanda fajar segera terbit. Apabila diperhatikan, kokokan ayam tidak hanya terdengar di pagi hari.

Bukan berarti di waktu lain seperti siang hari atau bahkan saat tengah malam ayam jantan tidak berkokok. Hanya saja, pagi hari memang menjadi puncak ayam berkokok dengan durasi yang paling lama.

Lantas apa alasan ayam berkokok di pagi hari? Sebelum membahas lebih jauh, perlu diketahui terlebih dahulu bagaimana suara ayam ini bisa dihasilkan.

 

Sebagaimana dihimpun dari Animal Wised, ayam jantan punya organ vokal syrinx beserta otot yang mengelilinginya. Meski tak punya laring seperti manusia, organ syrinx di ujung trakea menghubungkannya ke dua bronkus tempat udara masuk.

Ayam jantan berkokok bertujuan untuk menarik betina atau mempertahankan wilayahnya dari ayam jantan lain pesaingnya. Mereka juga mengeluarkan suara ini untuk mendeteksi adanya ancaman di lingkungan. Namun hal ini tidak selalu dilakukan oleh ayam.

Satu hal yang pasti, bahwa ayam jantan tidak pernah absen berkokok di pagi hari. Alasannya, karena hal tersebut berkaitan dengan jam biologisnya. Ayam jantan dan punya siklus aktivitas harian yang disebut ritme sirkadian.

Ayam berkokok di pagi hari sekaligus untuk mempertahankan wilayahnya. Mereka memberi sinyal waspada dan siaga jika ada yang menyerang. Suara ayam ini juga merangsang ayam lain untuk berkokok.

Penelitian yang dilakukan Universitas Nagoya Jepang mencoba melakukan uji coba terkait periode ayam berkokok. Para peneliti menyinari ayam dengan cahaya buatan seolah-olah mereka dalam keadaan siang dan malam tanpa mengetahui keadaan yang sebenarnya.

Menariknya, ayam jantan terus berkokok sesuai periodenya sebelum matahari terbit. Hal ini membuktikan bahwa mereka berkokok sesuai dengan jam biologisnya tanpa memperhatikan keadaan lingkungan.

Ayam berkokok juga memberikan pertanda bahwa mereka sehat dan merasa nyaman berada di lingkungannya saat ini. Mereka bisa mendapatkan sumber makanan yang cukup, tidak adanya ancaman dari predator maupun ayam jantan lainnya.***