Tips Hindari agar Ular Tidak Masuk ke Mobil dan Kloset, Apa Saja?

Ilustrasi (Dok:Net)

JAKARTA (SURYA24.COM)– Seperti diketahui ular, makhluk yang sering kali dipandang dengan ketakutan dan kekaguman sekaligus. Sebagai salah satu makhluk paling terkenal dalam dunia reptil, ular memiliki keunikan dan peran penting dalam ekosistem yang patut dijelajahi.

Diperkirakan ada lebih dari 3.000 spesies ular di dunia, yang tersebar di berbagai habitat mulai dari hutan hujan hingga padang rumput, hingga gurun dan pegunungan. Ular adalah reptil yang berkembang pesat dalam variasi bentuk, ukuran, dan perilaku. 

Mulai dari ular kecil yang hanya sepanjang beberapa inci hingga ular raksasa yang dapat mencapai panjang hingga lebih dari 30 kaki, mereka adalah contoh keanekaragaman luar biasa dalam dunia satwa liar.

Meskipun sering dianggap sebagai hewan yang menakutkan, ular memiliki peran yang signifikan dalam ekosistem. Sebagai predator puncak, mereka membantu dalam mengendalikan populasi hewan lain, seperti tikus dan hewan kecil lainnya, yang jika dibiarkan terlalu banyak dapat menyebabkan ketidakseimbangan dalam ekosistem. Meski begitu tak jarang binatang ini berada daam mobil maupun kloset. Nah untuk menghindarinya lakukan langkah ini?

Mengundang 

Ada beberapa tempat yang berpotensi dimanfaatkan ular sebagai lokasi persembunyiannya, salah satunya mobil. Menurut John West dari Alamo Termite and Pest Control, ular biasanya masuk garasi terlebih dahulu sebelum berakhir di dalam mobil. 

Salah satu alasan mengapa ular masuk garasi karena hewan melata ini membutuhkan tempat yang aman. "Ular mencari tempat yang hangat dan tertutup untuk mencari perlindungan, terkadang masuk ke mobil Anda," ujar West dikutip dari Best Life dilansir ko,pas.com.

 Di sisi lain, ada beberapa kebiasaan yang menyebabkan ular masuk mobil. Simak penjelasannya berikut ini.

  1. Tidak membersihkan garasi 

Garasi tidak hanya menjadi tempat untuk meletakkan perkakas dan barang tidak terpakai, namun juga menyimpan mobil. Meski begitu, perhatikan dan jagalah kondisi garasi supaya tidak berantakan agar bebas dari tikus. 

Sebab, garasi yang berantakan dan tidak terawat dapat mengundang tikus untuk bersarang dan berkeliaran. Jika hal tersebut terjadi, ada kemungkinan ular masuk garasi karena mengincar tikus sebagai mangsanya. 

"Selain kehangatan, hal lain yang dicari ular adalah makanan. Sumber makanan utama mereka di alam liar adalah hewan pengerat. Jadi, jika Anda menarik hewan pengerat ke dalam garasi Anda, maka ular akan segera mengikutinya," kata pemilik Eastside Exterminators, Sharon Roebuck, dikutip dari Best Life. 

Agar ular tidak masuk mobil, penghuni rumah disarankan menyingkirkan tumpukan barang yang berantakan di garasi. Singkirkan juga tumpukan kayu, tong sampah, atau sampah yang berpotensi menyebabkan tikus bersarang di garasi. 

  1. Lupa menutup jendela mobil 

Kebiasaan lain yang mengundang ular masuk mobil adalah lupa menutup jendela pintu. Meskipun mobil mungkin terlihat aman ketika di garasi, membiarkan jendela terbuka dapat mengundang ular untuk mencari tempat yang nyaman atau bersembunyi. 

Sebagai hewan berdarah dingin, ular dapat tertarik pada panas yang dihasilkan oleh kendaraan yang baru dikendarai. Untungnya, ular tidak dapat masuk ke dalam mobil dari mesin jika pintu, bagasi, dan jendela tertutup. "Ular sering mencari tempat yang hangat untuk tinggal. Mesin mobil dapat menjadi sumber panas yang sangat baik bagi ular untuk bertahan hidup," jelas Roebuck. Supaya ukar tidak masuk, pemilik kendaraan disarankan menutup jendela pintu dan pintu bagasi ketika meninggalkan mobil. 

  1. Meninggalkan makanan hewan peliharaan

 Kebiasaan lain yang menyebabkan ular masuk mobil adalah meninggalkan makanan hewan peliharaan di mobil. Ahli kebun dan taman, Aqsa Tabassam, mengatakan bahwa meninggalkan makanan hewan peliharaan di garasi kemungkinan besar akan menarik perhatian ular masuk mobil. 

"Ular tidak menyukai makanan kucing atau anjing, tapi makanan ini biasanya menarik perhatian hewan pengerat, dan makanan utama ular adalah tikus," ujar Tabassam. 

"Jadi, meninggalkan makanan kucing dan anjing akan memicu reaksi berantai di mana garasi akan dipenuhi oleh hewan pengerat dan kemudian ular, karena mereka akan mencari makanan untuk diri mereka sendiri," tambahnya. 

Agar ular tidak masuk garasi dan mobil, simpanlah makanan hewan peliharaan di wadah plastik yang tertutup dengan baik agar tidak bisa dimasuki tikus. 

3 Penyebab 

Seperti diketahui penghuni rumah perlu melakukan pencegahan supaya ular tidak masuk tempat tinggal mereka. Pasalnya, ular bisa menyelinap ke rumah dengan berbagai cara, salah satunya melalui kloset. Dilansir dari Kompas.com, Sabtu (29/4/2023), peristiwa ular masuk rumah pernah menimpa warga Kelapa Gading, Jakarta Utara bernama Sugima (45). 

Ia menemukan ular sanca muncul dari dasar lubang kloset ketika sedang buang air besar pada Jumat (28/4/2023) sepefrti diwartakan.

Supaya peristiwa serupa tidak terjadi, berikut cara mencegah ular masuk kloset: Penyebab ular masuk kloset Dosen Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Donan Satria Yudha membeberkan beberapa faktor yang menyebabkan ular masuk rumah. Simak penjelasannya berikut ini: 

  1. Mencari makanan 

Salah satu penyebab ular masuk kloset karena hewan melata ini sedang berburu mangsa, seperti tikus. Donan menjelaskan, ketika ular mengejar mangsa, mereka bisa tersasar sampai ke kloset. 

"Mereka mungkin juga masuk ke dalam kloset saat sedang berburu mangsa, seperti tikus dan mengejarnya hingga ke saluran pembuangan air maupun saluran pembuangan feses," ujar Donan kepada Kompas.com, Senin (30/10/2023). 

  1. Suhu lingkungan

 Selain mangsa, ular juga bisa masuk toilet karena faktor suhu lingkungan. Donan menerangkan, ular sejatinya adalah hewan berdarah dingin. Mereka bisa masuk rumah untuk mencari tempat yang sejuk atau lembap ketika siang hari dan kehangatan pada malam hari. 

  1. Ular peliharaan lepas

 Donan menambahkan, kasus ular masuk toilet diawali dari ular peliharaan yang lepas. Ketika keluar dari kandang, ular masuk dalam saluran pembuangan kemudian jalan ke saluran pembuangan tetangga jika saluran pembuangan di dalam tanahnya terkoneksi. "Ular yang masuk ke dalam kloset di Indonesia biasanya bukan merupakan ular berbisa," jelas Donan. "Seperti sanca, ular korros atau kayu, dan sebagainya, kadang ular berbisa seperti kobra, tetapi sangat jarang terjadi," tambahnya. 

Penghuni rumah tentunya tidak ingin bertemu ular ketika sedang buang air kecil atau buang air besar. Supaya ular tidak masuk kloset, berikut cara mencegahnya: 

  1. Cek sumuran pembuangan

 Sumuran pembuangan toilet di luar rumah dapat diperiksa untuk mencegah ular masuk kloset. Jika ada kerusakan atau lubang, penghuni rumah sebaiknya segera perbaiki atau menambalnya. 

"Kemudian pasang beberapa lapis penutup dengan lubang-lubang kecil atau strimin dengan lubang diameter kecil," saran Donan. 

2. Cek saluran pembuangan toilet di dalam rumah Selain itu, saluran pembuangan toilet di dalam rumah sebaiknya juga diperiksa. Saluran pembuangan yang rusak sebaiknya segera diperbaiki atau ditambal untuk meminimalisir ular masuk kloset. 

3. Cek kebersihan sumuran pembuangan 

Cara terakhir mencegah ular masuk kloset adakah mengecek kebersihan sumuran pembuangan kloset di luar rumah, saluran pembuangan, kamar mandi, termasuk toilet.***