Bayi Berkaki Mirip Putri Duyung Jadi Perhatian Warganet Berikut Menjadi Viral Lainnya

dok net

JAKARTA (SURYA24.COM)– Kelahiran seorang bayi adalah momen yang luar biasa dalam kehidupan setiap individu dan merupakan awal dari perjalanan yang penuh keajaiban. Setiap bayi membawa dalam dirinya keunikan yang menakjubkan, tidak hanya dari segi kepribadian, tetapi juga dalam aspek fisik dan biologis tubuhnya.

Namun dikabarkan kondisi terbilang langka  menimpa sejumlah bayi disejumlah wilayah di belahan bumi ini. Alih-alih peristiwa ini menjadi viral di media sosial (Medsod). 

Kendati begitu, warganet menyupor dan mendukung para orang tua bayi itu untuk semangat. Selain itu mereka juga mengemukan sikapa simpati menyusul kejadian tersebut.

Dikabarkan kondisi langkah disebabakan berapa hal diantaranya faktor penyakit atau sindrom tertentu yang berpengaruh terhadap jabang bayi saat lahir di dunia. Biar kamu ngga penasaran berikut rangkumannya?

 Bayi dengan Muka Wanita Tua

Mengutip liputan6.com, pada umumnya rupa bayi memiliki kulit yang kenyal dan kencang. Hal itu yang membuat beberapa orang merasa gemas ketika melihat anak baru lahir. 

Namun tak demikian dengan bayi di Afrika Selatan, alih-alih memiliki rupa seperti bayi pada umumnya, yang satu ini justru berkebalikan. Lahir dengan wajah seperti wanita tua.

Dilansir News18, Sabtu (21/10/2023), kabar kelahiran bayi unik itu diketahui berasal dari pemberitaan pada awal September 2021. Di mana disebutkan bahwa seorang Ibu yang saat itu berusia 20 tahun melahirkan seorang bayi langka berjenis kelamin perempuan, dengan rupa yang bahkan terlihat lebih tua dari dirinya sendiri.

Ia melahirkan di rumahnya dibantu anggota keluarga, di sebuah desa di luar Libode, Provinsi Eastern Cape, Afrika Selatan.

Penyebab kelainan langka ini disebutkan bahwa sang bayi menderita progeria atau juga disebut sindrom Hutchinson-Gilford. Selanjutnya dijelaskan oleh para ahli medis bahwa hal ini merupakan kelainan genetik progresif yang sangat langka, sehingga mengakibatkan anak-anak dapat menua dengan cepat.

Nenek sang bayi yang saat itu berumur 55 tahun dan membantu persalinan menyadari bahwa anak itu berbeda dari bayi pada umumnya. Ia mengatakan bahwa cucunya menunjukkan ciri-ciri penuaan dengan memiliki kerutan di wajah sehingga tampak seperti rupa wanita tua.

 

Mengetahui hal ini, sang nenek pergi ke rumah sakit untuk melaporkan kasus kelahiran cucu dari anaknya tersebut untuk kemudian dapat dilakukan observasi oleh tenaga medis.

Kejadian Ini Menjadi Viral

Dari hasil pemeriksaan, dokter menyebutkan bahwa kelahiran bayi di Afrika ini juga dipengaruhi oleh komplikasi yang dialami sang Ibu. Dokter membersihkan hasil konsepsi persalinan yang tersisa ketika mereka melahirkan di rumah.

Laporan lain juga menyebutkan bahwa ibu bayi tersebut mengalami gangguan mental saat melahirkan.

Kelahiran sang bayi berwajah tua ini kemudian menjadi viral, setelah beberapa foto bayi tersebut beredar di media sosial. Masyarakat dikabarkan menghina keluarga dari bayi langka itu, serta mengolok-olok penampilan bayi yang tampak tua.

 

Keluarga yang mendengar hinaan dari warganet tersebut lantas merasa sakit hati dan hancur.

Siphokazi Mani-Lusithi, anggota Badan Legislatif Provinsi Eastern Cape, merespons viralnya kasus kelahiran langka itu dengan mengimbau masyarakat untuk berempati dan memberikan dukungan kepada keluarga yang terlibat. Ia menegaskan kepada masyarakat untuk merangkul keluarga bayi penderita progeria itu, alih-alih mengejek atau mencemooh.

Sejumlah pejabat senior dari departemen pembangunan sosial turut menjenguk keluarga tersebut, untuk mengetahui kondisi mereka serta memberikan bantuan yang diperlukan. 

Punya Buntut Ala Dewa Hanuman

Selain bayi langka berwajah tua, beberapa lainnya terlahir dengan keistimewaan yang dik aitkan dengan sosok suci nan agung seperti dewa, atau karakter di kisah dongeng anak-anak.

Berikut ini beberapa anak yang terlahir 'istimewa', dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (11/10/2023):

1. Anak di India Memiliki Ekor Seperti Dewa Monyet Hanuman, Dijadikan Objek Pemujaan

Seorang anak laki-laki di India lahir dengan "ekor" yang membuatnya dianggap sebagai dewa monyet Hindu, Hanuman.

Anak tersebut bernama Arshid Ali Khan yang dikenal sebagai Balaji. Ia lahir dengan ekor sepanjang 10 sentimeter, pernah menjadi objek pemujaan di desanya, di luar Chandigarh, India, saat itu.

Ratusan orang pernah datang untuk memujanya. Bahkan banyak dari mereka yang meninggalkan uang tunai atau hadiah sebagai bentuk berkat dilansir dari Mirror, Selasa 10 Oktober 2023.

Bocah di Amerika ini Punya Kaki Seperti Putri Duyung

Jika di India ada bayi laki-laki terlahir dengan wajah disebut-sebut mirip Dewa Ganesha -- memperlihatkan ciri-ciri fisik tidak biasa pada tubuhnya termasuk memiliki belalai, di Inggris ada bayi 'putri duyung'.

Mungkin adalah kisah dongeng favorit sebagian anak-anak di dunia. Namun, bagaimana jadinya jika seorang anak terlahir dengan bentuk kaki seperti putri duyung?

Adalah Noelle Spivey, seorang asisten dokter gigi berusia 35 tahun dari Lubbock, Texas, Amerika Serikat, yang melahirkan "putri duyung" cilik itu.

Dilansir Metro pada Minggu (8/10/2023), Noelle mendapati bahwa putrinya, Blaire, memiliki kelainan janin langka yang dikenal sebagai sirenomelia pada pemindaian kehamilan 12 minggu. Bayi tersebut terlahir dengan kakinya menghadap ke belakang dari lutut dan menyatu satu sama lain, memberikan kesan seperti kaki putri duyung.

Prognosis atau prediksi yang diberikan dokter tidak dapat memastikan sampai kapan Blaire dapat bertahan hidup setelah terlahir di dunia. Sebagai seorang ibu, Noelle lantas merasa putus asa mendengar kabar tersebut.***